KAJIAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) SEBAGAI SISTEM PENGAMANAN DATA PADA JARINGAN KOMPUTER (Studi Kasus Jaringan Komputer Unikom)

Afrianto, Irawan and Budi Setiawan, Eko (2014) KAJIAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) SEBAGAI SISTEM PENGAMANAN DATA PADA JARINGAN KOMPUTER (Studi Kasus Jaringan Komputer Unikom). Majalah Ilmiah UNIKOM, Volume. ISSN 1411-9374

[img]
Preview
UNSPECIFIED
05-miu-12-1-irawan-cs.pdf - Published Version

Download (923kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/kajian-virtual-p...

Abstract

Jaringan komputer dapat dikatakan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari berbagai komputer beserta resource-nya yang didesain agar dapat menggunakan sumber daya yang ada, sehingga dapat mengakses informasi yang diperlukan. Informasi tersebut dapat diakses melalui komputer yang lain dengan konsep computer networking, baik itu Local Area Network, Metropolitan Area Network, Wide Area Network ataupun juga internet. Untuk mengamankan suatu koneksi pada jaringan dapat menggunakan jaringan yang bersifat virtual yang dikenal dengan istilah Virtual Private Network (VPN). Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk bergabung dengan jaringan lokal. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada didalam kantor atau network itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik publik. UNIKOM sebagai salah satu perguruan tinggi yang dalam melakukan kegiatan operasionalnya terdiri dari beberapa stakeholder yang saling terhubung dalam jaringan komputer, perlu menerapkan konsep VPN untuk mengamankan informasi yang dimiliki pada suatu jaringan, ataupun untuk memudahkan dalam mengakses jaringan lokal yang ada di UNIKOM walaupun dalam mengaksesnya menggunakan jaringan yang bersifat public (internet). Hasil dari penelitian ini adalah berupa suatu rekomendasi dasar yang dapat digunakan oleh UNIKOM untuk menerapkan konsep Virtual Private Network (VPN) dalam pengembangan jaringan komputer yang dimiliki sehingga dalam pengaksesan informasi dapat berlangsung lebih aman dan efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: jaringan komputer, virtual private network, internet, unikom
Subjects: Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:21
Last Modified: 30 Nov 2016 09:21
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30406

Actions (login required)

View Item View Item