STUDI EVALUASI PENERAPAN MATA KULIAH NIRMANA I & II PADA TUGAS PERANCANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI DESAIN INTERIOR UNIKOM (STUDI KASUS STUDIO PERANCANGAN DI III - RETAIL)

Fatimah, Dina and Derwentyana, Ryanty and Maharlika, Febry (2015) STUDI EVALUASI PENERAPAN MATA KULIAH NIRMANA I & II PADA TUGAS PERANCANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI DESAIN INTERIOR UNIKOM (STUDI KASUS STUDIO PERANCANGAN DI III - RETAIL). Majalah Ilmiah UNIKOM, Volume. ISSN 1411-9374

[img]
Preview
Text
3.miu-13-no-2-dina-f.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/studi-evaluasi-p...

Abstract

Program Studi Desain Interior UNIKOM memiliki mata kuliah Nirmana I dan II sebagai sarana awal mahasiswa untuk mengenali dasar-dasar dari bentuk (form) rupa. Unsur-unsur rupa yang dieksplorasi dengan menggunakan prinsipprinsip rupa akan menghasilkan suatu karya yang memiliki nilai estetis tinggi. Mata kuliah Nirmana merupakan salah satu langkah awal mahasiswa melatih kepekaan rasa dan mengolah kreatifitas. Penelitian ini mencoba mengevaluasi tentang berhasil atau tidaknya ilmu Nirmana diterapkan dalam sebuah karya perancangan yang diambil mahasiswa pada mata kuliah studio perancangan. Sebagai mata kuliah dasar, diharapkan tujuan mata kuliah ini dapat diaplikasikan mahasiswa ketika menghasilkan sebuah produk/ karya desain. Mata kuliah Nirmana memiliki beban sebanyak 4 SKS dengan sistem perkuliahan bersifat praktek. Setiap pertemuan kuliah diisi dengan materi yang berdasarkan pada unsur-unsur rupa. Mahasiswa diberikan kewajiban untuk menghasilkan sebuah karya yang disesuaikan dengan materi yang diangkat. Sebagai tujuan akhir, mata kuliah ini merupakan salah satu cara mendidik mahasiswa untuk paham akan rasa. Pengolahan rasa yang baik akan menghasilkan karya yang bernilai estetis baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: evaluasi, nirmana, perancangan, unsur rupa, prinsip rupa
Subjects: Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:26
Last Modified: 30 Nov 2016 10:48
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30447

Actions (login required)

View Item View Item