CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BISNIS PT. FRISIAN FLAG INDONESIA BANDUNG

Munandar, Dadang (2011) CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BISNIS PT. FRISIAN FLAG INDONESIA BANDUNG. Majalah Ilmiah UNIKOM, Volume. ISSN 1411-9374

[img]
Preview
UNSPECIFIED
vol-71-artikel-12.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/customer-relatio...

Abstract

Semakin ketatnya persaingan usaha di bidang distribusi susu, maka pelaku bisnis disektor ini dihadapkan pada upaya pengambilan keputusan yang tepat. Selain ha- rus mempertahankan pelanggan yang sudah ada, perlu mengusahakan perolehan pelanggan-pelanggan baru melalui penerapan-penerapan strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu menjaga hubungan pelanggan sangat penting dilakukan den- gan tepat, sehingga dapat meningkatkan loyalitas para pelanggan yang dimiliki, dan mengupayakan untuk dapat menambah para pelanggan baru. Oleh karena itu pen- erapan Customer Relationship Managemen sebagai salah satu upaya menjaga loya- litas pelanggan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian descriptive dan explanatory survey. Unit analisis dalam penelitian ini adalah 250 pelanggan bisnis dari populasi berjumlah 4817 pelanggan bisnis yang tersebar dalam 14 rayon di wilayah Bandung dan 4 rayon diwilayah Cimahi. Teknik pengambilan sampel adalah stratified propotional random sampling, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan program LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Customer Relationship Management yang dilaksanakan oleh perusahaan melalui Continuity Marketing, One to One Marketin, dan Partnering Program termasuk dalam kategori cukup baik. (2) Loyalitas pelanggan bisnis perusahaan termasuk dalam kategori client yaitu pelanggan yang berulang yang telah memiliki sikap loyal terhadap perusahaan dan mendukung perusahaan secara pasif sebesar 86%. (3) Customer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan bisnis, dengan besar pengaruh 0.4822, jadi berdasarkan data dari hasil penelitian di ketahui bahwa 23.25% perubahan yang terjadi pada customer loyality perusahaan secara langsung disebabkan oleh adanya perubahan pada pelaksanaan Customer Relationship Management.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: customer relationship management, continuity marketing, one to one marketin, partnering program dan loyalitas pelanggan bisnis.
Subjects: Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:29
Last Modified: 30 Nov 2016 09:29
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30480

Actions (login required)

View Item View Item