PENINGKATAN PRASARANA, SARANA, SISTEM OPERASI PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BIS KOTA DAMRI BERDASARKAN EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PENUMPANG

Sulistiyo Soegoto, Dedi (2011) PENINGKATAN PRASARANA, SARANA, SISTEM OPERASI PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BIS KOTA DAMRI BERDASARKAN EKSPEKTASI DAN PERSEPSI PENUMPANG. Majalah Ilmiah UNIKOM, Volume. ISSN 1411-9374

[img]
Preview
UNSPECIFIED
volume-82-artikel-8.pdf - Published Version

Download (855kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/peningkatan-pras...

Abstract

Tingkat pelayanan yang selama ini dirasakan oleh sebagian besar masyarakat pengguna jasa (penumpang) masih belum memuaskan hal ini disebabkan oleh kondisi dari prasarana, sarana, dan sistem operasi yang belum memadai, guna mendukung nilai suatu perjalanan seperti waktu, biaya, keamanan, kenyamanan dan pelayanan. Sehingga dibutuhkan upaya-upaya penanganan lebih serius dan komprehensif, agar para penumpang merasakan suatu pelayanan yang layak, baik dan memuaskan. Maka dibutuhkan teknik pengkajian untuk dapat memecahkan permasalahan ini. Pendekatan pemecahan masalah, menggunakan metoda Quality Function Deployment. Penggunaan metoda tersebut guna analisis ekspektasi dan persepsi penumpang terhadap pelayanan angkutan umum bis kota, yang merupakan komponen kritis dari isu pihak konsumen pengguna jasa angkutan umum sejak beberapa tahun belakangan ini. Belum tercapainya keseimbangan pelayanan berdasarkan ekspektasi penumpang menyebabkan kesenjangan, hal ini ditunjukkan oleh 17 atribut pernyataan penumpang dari 25 atribut pernyataan, dimana memiliki nilai rata-rata negatif artinya tingkat pelayanan tidak memadai, dengan demikian perlunya peningkatan dan perbaikan pada prasarana, sarana, dan sistem operasi yang memiliki nilai waktu, ongkos, keamanan, kenyamanan, pelayanan melalui karakteristik teknisnya agar lebih memadai dari sebelumnya, dan perlu perbaikan terus menerus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: prasarana, sarana, dan sistem operasi
Subjects: Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:33
Last Modified: 30 Nov 2016 09:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30519

Actions (login required)

View Item View Item