PEMODELAN ARSITEKTUR INFORMASI SISTEM BISNIS KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS SYSTEM PLANNING (BSP) (STUDI KASUS : DANA PENSIUN TELKOM BANDUNG)

Permatasari, Deasy (2013) PEMODELAN ARSITEKTUR INFORMASI SISTEM BISNIS KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS SYSTEM PLANNING (BSP) (STUDI KASUS : DANA PENSIUN TELKOM BANDUNG). JAMIKA - Jurnal Manajemen Informatika UNIKOM, Vol.01. ISSN 2088-4125

[img]
Preview
Text
jurnal-deasy-permatasari.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
Official URL: http://jamika.mi.unikom.ac.id/jurnal/pemodelan-ars...

Abstract

Pemodelan Arsitektur Informasi merupakan suatu upaya mengintegrasikan sistem informasi yang terdiri dari elemen-elemen yang berbeda menjadi satu kesatuan. Untuk membuat acuan pengembangan sistem informasi dalam bentuk pemodelan Arsitektur Informasi dibutuhkan suatu metodologi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan lingkup organisasi. Business System Planning (BSP) merupakan metodologi dengan tahapan utama yang mengacu pada proses bisnis dan aplikasi data, karena apabila organisasi menginginkan suatu pengembangan sistem informasi secara mendasar, harus diawali dengan kejelasan alur proses dan aliran data sehingga dalam pemanfaatannya dapat menyediakan dan memprioritaskan informasi bagi masing-masing bagian didalam organisasi. Hasil dari pengerjaan tesis ini adalah sebuah pedoman acuan pengembangan sistem informasi berupa model arsitektur informasi pada Direktorat Keuangan, yang diharapkan dapat membantu pihak Dana Pensiun Telkom khususnya dalam kebutuhan pengembangan sistem informasi dan pihak lain pada umumnya sebagai studi perbandingan sebagai upaya pengembangan sistem informasi dalam wujud pemodelan arsitektur informasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: arsitektur informasi, business system planning (bsp), acuan pengembangan sistem informasi dan strategi pengembangan.
Subjects: Jurnal Tercetak > JAMIKA - Jurnal Manajemen Informatika UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika (D3)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 01 Dec 2016 08:04
Last Modified: 01 Dec 2016 08:04
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/30627

Actions (login required)

View Item View Item