PENERAPAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING,ANALISIS CLUSTER DAN CROSS CLASSIFIED FREQUENCY DATA UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN (SEGMENTASI-TARGETING-POSITIONING) PADA PERUSAHAAN ROKOK KRETEK “DJAGUNG PADI” MALANG

Indayati, Wahyu (2002) PENERAPAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING,ANALISIS CLUSTER DAN CROSS CLASSIFIED FREQUENCY DATA UNTUK MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN (SEGMENTASI-TARGETING-POSITIONING) PADA PERUSAHAAN ROKOK KRETEK “DJAGUNG PADI” MALANG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari konsumen rokok “Djagung Padi” , yang mana akan dikelompokkan menurut kemiripan kebutuhan (segmentasi), kemudian memilih kelompok yang terbentuk untuk dilayani (targeting), setelah itu pengkomunikasian produk (positioning). Penelitian yang dilakukan dijadikan dasar penetapkan strategi untuk memasarkan produk rokok yang dihasilkan oleh PR Djagung Padi.Pengambilan data selain diperoleh dari wawancara secara langsung pada bagian pemasaran Perusahaan Rokok Kretek “Djagung Padi” Malang juga didapat dari hasil kuesioner para konsumen diwilayah Kabupaten Malang. Kuesioner terdiri dari tiga kuesioner yaitu : kuesioner I digunakan sebagai input analisa Multidimensional Scaling, kuesioner II sebagai input analisa Cluster, dan kuesioner III sebagai input analisa Cross Classified Frequency data (Cross-Tab). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Program SPSS (Statistical Program For Social Science) for Windows. Setelah data terkumpul dilakukan uji Validitas dan Reliabilitas untuk mengetahui apakah data mempunyai hubungan antar variabel (valid) dan apakah data cukup dapat dipercaya (Reliabil). Hasil pengolahan data pada analisa Cluster didapatkan/ terbentuk lima segmen yang optimal. Dari Analisa Cross-Tab didapatkan tiga segmen dari lima segmen yang terbentuk yang dipilih, yaitu segmen 1, segmen 3, dan segmen 4. Sedangkan dari analisa Multidimensional Scaling didapatkan bahwa menurut konsumen Image rokok “Djagung Padi” adalah dalam segi Harga dan Kemudahan untuk mendapatkannya (Distribusi). Jadi untuk pengkomunikasian produk rokok “Djagung Padi” lebih ditekankan untuk segi harga dan distribusi.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Industrial Engineering > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:37
Last Modified: 16 Nov 2016 07:37
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3064

Actions (login required)

View Item View Item