UPAYA DINAS PENDAPATAN DAERAH DALAM PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK REKLAME (Studi pada Kantor DIPENDA Kabupaten Sumenep)

Susilowati, Retvi (2002) UPAYA DINAS PENDAPATAN DAERAH DALAM PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK REKLAME (Studi pada Kantor DIPENDA Kabupaten Sumenep).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keuangan daerah menjadi sangat penting dan strategis dalam menentukan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Untuk itu, kepada daerah diberikan kewenangan untuk menggali sumber-sumber penerimaan yang ada salah satunya adalah dari sektor pajak daerah. Paradigma baru penyelenggaraan otonomi daerah dengan tujuan memungkinkan daerah yang bersangkutan untuk bisa mengatur dan mengurus rumah tangga daerahnya sendiri berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setelah dikeluarkannya Undang-undang No. 18 tahun 1997 tentang “Pajak dan Retrebusi Daerah”, dimana telah terjadi penyempitan untuk obyek pajak daerah. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan mengurangi penerimaan daerah dari sektor tersebut. Dengan demikian daerah diharapkan mampu mencari jalan pemecahan sendiri agar penerimaan daerah dari sektor pajak tidak mengalami penurunan. Hal ini ditempuh melalui upaya-upaya peningkatan penerimaan dari berbagai sub sektor pajak yang dipungut oleh daerah, salah satunya pajak reklame.Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah upaya yang akan dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah dalam rangka meningkatkan penerimaan sub sektor pajak reklame. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah dalam peningkatan penerimaan pajak reklame meliputi bidang kebijakan daerah, peningkatan profesionalisme SDM, penataan sistem pemungutan pajak reklame, penyediaan sarana dan prasarana serta pelayanan terhadap subyek/obyek pajak, disamping juga mendeskripsikan sumbangan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode penentuan sampel adalah purposive sampling, dan tipe yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Sesuai dengan hasil penelitian, menunjukkan bahwa Dipenda Kabupaten Sumenep dalam upayanya meningkatkan penerimaan pajak reklame di berbagai bidang antara lain; pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 20 Tahun 1998 tentang "Pajak Reklame", yang memuat ketentuan subyek/obyek pajak reklame, masa pajak dan ketentuan tarif pajak reklame.Peningkatan profesionalisme SDM di jajaran Dinas Pendapatan Daerah, melalui peningkatan kualitas pendidikan, diklat struktural dan pelatihan teknis fungsional, serta penataan sistem pemungutan pajak reklame melalui ketentuan perijinan pemasangan dan penyelenggaraan reklame dengan lebih memberi kemudahan bagi subyek pajak dalam prosedur memperoleh ijin penyelenggaraan atau pemasangan reklame, ketentuan jenis dan tarif pajak reklame yaitu dengan prinsip keadilan; dimana ketentuan besarnya tarif pajak reklame yaitu 15 % dengan didasarkan pada nilai jual reklame ditambah nilai strategis tempat, selain itu sanksi atas pelanggaran pajak reklame yang secara tegas dikenakan pada subyek maupun obyek pajak reklame.Penyediaan sarana dan prasarana yaitu penyediaan fasilitas kantor dan sarana transportasi, serta pelayanan terhadap subyek/obyek pajak reklame meliputi administrasi pendaftaran, pendataan dan penentapan serta penyediaan tempat-tempat strategis untuk pemancangan reklame.Selain itu Dipenda terus meningkatkan upaya yang selama ini dilaksanakan dalam arti lebih mengefektifkan dalam pelaksanaannya yaitu mengadakan koordinasi dengan dinas/instansi penghasil, pendataan, penagihan yang efektif, pengawasan dan pengendalian, mengadakan sosialisasi dengan perda yang ada serta mengadakan pendataan ulang terhadap subyek/obyek pajak reklame. Tetapi semua itu tergantung pada faktor-faktor yang ada seperti, tingkat kesadaran masyarakat dan kurangnya sanksi hukum bagi wajib pajak.Dari upaya yang dilakukan tersebut, dengan melihat rata-rata pencapaian target pajak reklame pada tahun 1996-1997 sampai 2000-Des. 2001, mencapai 97,4 %. Bahkan prosentase pencapaian target pajak reklame pada 2 tahun terakhir dapat mencapai 100,63 % pada tahun 1999-2000, sedangkan pada tahun 2000-Des. 2001 mencapai 104,56 %. Dengan demikian Dipenda Kabupaten Sumenep dalam mengupayakan peningkatan penerimaan pajak reklame sudah cukup berhasil.Walau demikian Dipenda harus lebih teliti terhadap keadaan dan potensi daerah yang ada, serta harus lebih mengiatkan lagi upaya-upaya yang selama ini telah dilakukan sehingga nantinya penerimaan dari sub sektor pajak reklame dalam memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap Pendapatan Asli Daerah dan juga dapat membantu penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan otonomi daerah serta dapat membantu meningkatkan laju pembangunan di daerah.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Goverment Science > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item