TUGAS AKHIR“PENGARUH VARIASI DIAMETER EXHAUST MANIFOLD DAN PUTARAN TERHADAP PERFORMANCE ENGINE TOYOTA KIJANG 4K 1300 CC”

Choirul, Junaidin (2002) TUGAS AKHIR“PENGARUH VARIASI DIAMETER EXHAUST MANIFOLD DAN PUTARAN TERHADAP PERFORMANCE ENGINE TOYOTA KIJANG 4K 1300 CC”.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada motor bensin empat langkah knalpot adalah suatu alat yang berfungsi untuk membuang gas sisa hasil pembakaran dari ruang silinder. Dimana alat ini juga berfungsi sebagai peredam suara keras yang ditimbulkan dari suara ledakkan ruang bakar juga dapat menanggulangi getaran mesin akibat perbedaan tekanan gas yang besar didalam ruang bakar dengan udara atmosfir. Dan juga dapat untuk menyaring gas hasil pembakaran yang menimbulkan pencemaran udara.Dan jika hal-hal yang merugikan tersebut dibiarkan maka akan menimbulkan kerugian pada mesinnya itu sendiri, makanya banyak orang yang memodifikasi knalpot mobilnya dan mereka pun berharap suara yang ditimbulkan enak didengar sesuai selera mereka dan juga mereka pun berharap dapat menambah torsi, daya, bahan bakar yang irit serta mungkin dapat memperbaiki efek gas buangnya dengan memvariasikan putaran mesin . Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan knalpot yang cocok sesuai dengan performance yang diinginkan .Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental nyata ( true experimental research) yang dapat digunakan untuk menguji suatu perlakuan atau rancangan baru dengan membandingkan satu atau lebih kelompok pengujian dengan perlakuan dan tanpa perlakuan . Dengan demikian karakteristik motor bakar dapat diketahui dengan melihat parameter – parameter torsi, daya motor, konsumsi bahan bakar, efek gas buang (CO, ).Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah untuk ,mengetahui sejauh mana perubahan yang terjadi pada kerja mesin jika diubah dimensi diameter exhaust manifold-nya .Perhitungan dapat disimpulkan bahwa dengan mengubah dimensi diameter exhaust manifold tersebut akan terjadi pengaruh terhadap perubahan performance pada kerja motor dan dapatlah dijadikan acuan dalam memodifikasi suatu mesin.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Mechanical Eng > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item