Analisis Persepsi Masyarakat terhadap Penyedap Rasa Merek Ajinomoto Pasca Isu Lemak Babi Di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kodya Malang

Gita Kamalia, Ayu (2002) Analisis Persepsi Masyarakat terhadap Penyedap Rasa Merek Ajinomoto Pasca Isu Lemak Babi Di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kodya Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Isu lemak babi yang terkandung dalam makanan sangat rentan sekali terhadap halal dan haramnya suatu produk, karena masalah halal dan haram merupakan masalah yang sangat krusial, kritis dan kompleks, apalagi bagi konsumen disebuah negara yang mayoritas beragama islam yang sangat memegang teguh ajaran dan syariat Islam. “Label Halal” pun akan sangat membantu konsumen khususnya kaum muslim untuk membeli dan mengkonsumsi suatu produk.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi sebagian besar masyarakat Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru terhadap penyedap rasa merek Ajinomoto pasca isu lemak babi.Hipotesisnya yaitu bahwa sebagian besar masyarakat Kelurahan Sumbersari khususnya RW 02 dan RW 03, memiliki persepsi halal terhadap penyedap rasa ajinomoto pasca isu lemak babi.Alat analisis yang digunakan yaitu uji satu proporsi dan diskripsi variable dengan menggunakan program SPSS 1.0 sebagai alat analisis data yang diperoleh.Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Zhit sebesar 6 dan Z tabel sebesar 1,645.Hasil perhitungan diatas menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat RW 02 dan RW 03 Kelurahan Sumbersari (77%) memiliki persepsi Halal terhadap penyedap rasa Ajinomoto. Kesimpulannya yaitu bahwa (77%) masyarakat RW 02 dan RW 03 Kelurahan Sumbersari memiliki persepsi Halal terhadap penyedap rasa Ajinomoto pasca isu lemak babi. Persepsi Halal tersebut dipengaruhi oleh factor intern dan faktor ekstern yaitu : intensitas , ukuran, gerakan, pengulangan, pemahaman, sumber informasi dan referensi. Keseluruhan faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh yang tinggi terhadap proses pembantukan persepsi halal hanya faktor pengulangan informasi yang memiliki pengaruh yang kecil terhadap proses pembentukan persepsi halal.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item View Item