ANALISIS SEGMENTASI PASAR INDOMARET CABANG DINOYO

Hermawan, Rakhmat (2002) ANALISIS SEGMENTASI PASAR INDOMARET CABANG DINOYO.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

ABSTRAKSIIndomaret merupakan salah satu dari sekian banyaknya swalayan yang ada di Malang dan memiliki jaringan yang luas di mana Indomaret harus menerapkan segmentasi pasar yang tepat dan diharapkan dengan segmentasi pasar yang tepat akan meningkatkan volume penjualan dan tentunya meningkatkan laba bagi Indomaret sehingga penelitian mengambil judul: “Analisis Segmentasi Pasar Indomaret Cabang Dinoyo”. Adapun yang menjadi masalah yang akan diteliti adalah siapa segmen riil yang belanja di Indomaret Cabang Dinoyo? Dan masalah dibatasi pada faktor sifat dan peringkat kepentingan mereka, kesadaran merk dan peringkat kepentingan merk, pola pemakaian produk, sikap terhadap golongan produk, geografi, demografi, psikografi, perilaku. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi segmen pasar pada Indomaret Cabang DinoyoJenis penelitian survey. Sumber data primer yang berasal dari pembeli yang ada di Indomaret cabang Dinoyo. Data berupa jawaban dan hasil kuesioner yang dibagikan kepada responden. Teknik pengambilan sampel dengan cara teknik Accidental sampling. Sedangkan pengumpulan data dengan cara interview dan questioner. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis cluster.Dari hasil pembahasan tentang siapa segmentasi pasar pada Indomaret Cabang Dinoyo adalah: (1) Konsumen yang datang ke Indomaret dalam kelompok pembeli karena berdasarkan sifat dan peringkat merk, geografis dan perilaku dalam kategori sangat rendah (2) Sedangkan kelompok pembeli karena penggunaan produk, sikap terhadap kategori produk dan psikografi dalam kategori rendah. (3) Dan untuk kelompok pembeli karena kesadaran merk dan demografi dalam kategori sedang. Sehingga dengan mengetahui segmentasi pasar Indomaret di atas maka dapat disarankan hal-hal berikut ini: (1) Perusahaan perlu melakukan strategi pemasaran khususnya peningkatan terhadap strategi sifat dan peringkat merk, penentuan geografis dari swalayan dan strategi perilaku konsumen yang lebih baik karena masih dalam kategori sangat rendah. (2) Perlunya pembenahan produk yang dijual, sikap terhadap kategori produk agar menciptakan suasana yang lebih kekeluargaan terhadap pembeli dan dengan memahami psikografi pada konsumen agar pembeli merasa terhibur. (3) Dan untuk kelompok pembeli karena kesadaran merk dan demografi dalam kategori sedang. Juga masih perlu adanya pembenahan karena kesadaran merk swalayan masih belum menjadi favorit atau kebanggan bagi para pembeli, dan perlunya memperhatikan jarak antar swalayan agar dapat menarik perhatian para pembeli.Dengan memperhatikan kondisi diatas perlu adanya penelitian lanjutan tentang segmentasi kebutuhan primer konsumen dewasa terbesar dalam kehidupan sehari, sehingga dapat membantu untuk menyediakan kebutuhan yang mereka inginkan

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item