PERANAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENINGKATANPENJUALAN PADA INDUSTRI FURNITURE DI UD. ANEKAGUNA PARE–KEDIRI

Laily, Hidayatul (2002) PERANAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENINGKATANPENJUALAN PADA INDUSTRI FURNITURE DI UD. ANEKAGUNA PARE–KEDIRI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada UD. Aneka Guna Pare Kediri, dengan judul : “ PERANAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA INDUSTRI FURNITURE DI UD. ANEKA GUNA PARE–KEDIRI “.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan promosi penjualan, perkembangan tingkat penjualan dan hubungan serta pengaruh promosi penjualan terhadap penjualan pada UD. Aneka Guna Pare Kediri.Dalam penelitian ini, penulis mengemukakan hipotesis mengenai dugaan bahwa promosi penjualan berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penjualan pada industri furniture di UD. Aneka Guna Pare Kediri.Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah promosi penjualan berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Dalam analisis kuantitatif digunakan analisis korelasi yang digunakan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara variabel promosi penjualan dengan penjualan, analisis koefisien determinasi yang digunakan untuk mengetahui prosentase pengaruh variabel promosi penjualan terhadap penjualan, uji t dan uji F yang digunakan untuk mengetahui apakah hasil korelasi antara variabel promosi penjualan dengan penjualan berpengaruh secara signifikan atau tidak serta analisis koefisien regresi yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan variabel promosi penjualan terhadap penjualan pada UD. Aneka Guna Pare Kediri. Sementara itu, dalam analisis kualitatif yang berbentuk uraian-uraian secara diskriptif digunakan untuk mengetahui dan menunjukkan apakah kegiatan promosi penjualan yang telah diterapkan berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penjualan pada UD. Aneka Guna Pare Kediri.Hasil perhitungan melalui analisis kuantitatif diperoleh kesimpulan bahwa hubungan antara promosi penjualan dengan penjualan adalah kuat, yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,9612 ; dimana perubahan tingkat realisasi penjualan sebesar 92,39% dipengaruhi oleh variabel promosi penjualan dan sebesar 7,61% dipengaruhi oleh faktor luar selain variabel promosi penjualan. Melalui uji t dan uji F dapat disimpulkan bahwa variabel promosi penjualan berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan volume penjualan, dimana volume penjualan akan mengalami penurunan sebesar Rp. 2.045.445,-, jika penerapan promosi penjualan tidak mengalami perbaikan dan akan mengalami peningkatan sebesar Rp. 155 kali jumlah biaya promosi yang dianggarkan pada periode berikutnya, jika penerapan promosi penjualan oleh UD. Aneka Guna Pare Kediri mengalami peningkatan atau media yang digunakan semakin efektif, bervariatif dan efisien.Dari hasil analisis kualitatif dapat disimpulkan bahwa munculnya permasalahan pada UD. Aneka Guna Pare Kediri disebabkan oleh kurang variatifnya kegiatan promosi yang telah dilakukan. Hal ini dapat dibuktikan dengan terbatasnya kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan, jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis, sehingga produk furniture yang dihasilkan kurang dikenal oleh masyarakat. Hal ini membawa akibat-akibat sebagai berikut, yaitu menurunnya volume penjualan, tidak tercapainya target penjualan yang diharapkan, sehingga laba perusahaan semakin turun. Oleh karena itu diusulkan untuk mengadakan promosi penjualan melalui pameran, yang dilakukan di sepuluh kota terpilih, dengan total anggaran biaya sebesar Rp. 44.252.000,- ; memberikan kupon (voucher) kepada konsumen terpilih, dengan total anggaran biaya sebesar Rp. 4.000.000,- dan mengefektifkan kegiatan promosi, melalui media radio lokal, yang dianggarkan sebesar Rp. 21.036.000,- ; media surat kabar dengan anggaran biaya sebesar Rp. 16.800.000,- serta media spanduk yang diperkirakan memakan biaya sebesar Rp. 8.460.000,-.Berdasarkan analisis di atas, maka diperkirakan penjualan pada periode mendatang akan dapat mengalami peningkatan yang cukup besar, yaitu menjadi Rp. 14.605.620.555,- yang berarti ada kenaikan penjualan sebesar Rp. 10.834.490.555,- (Rp. 14.605.620.555,- dikurangi Rp 3.771.130.000,-).SUMMARYThis study is a case study in a manufacture company is producing furniture, with the title : “ Part of Sales Promotion to Sales increasing in Furniture Industry in UD. Aneka Guna Pare Kediri “.The purpose of the study are to know activities of sales promotion, the growing of sales scale and connection with effect sales promotion to sales in UD. Aneka Guna Pare Kediri.Tools of analysis that used to know did UD. Aneka Guna Pare Kediri to have on effect on sales significantly are quantitative analysis. They are correlation analysis, determinant coefficient analysis, t-test, F-test and regression coefficient analysis. The while, in qualitative analysis that description explanation is used to know and show did sales promotion has done to have on effect on sales increasing significantly in UD. Aneka Guna Pare Kediri.The result is that quantitative analysis can getter conclution that connection sales promotion with sales is strong. It shown with correlation value 0,9612 ; with change in scale of sales realization 92,39% to have on effected by sales promotion variables and 7,61% to have on effected by extern factors. In t-test and F-test can gotten conclution that sales promotion variables to have on effect on sales increasing significantly. If sales promotion have not getting better, then sales will to come down Rp. 2.045.445,-. If sales promotion will done by UD. Aneka Guna Pare Kediri to grow up or media is used to take better, more varieties and efficient, then will get increasing Rp. 155 fold of promotion cost is budgeted in next period.The result is qualitative analysis can gotten conclution that the problems in UD. Aneka Guna Pare Kediri becaused by less of varieties promotion activities have done. It can capable of proof with limitation promotion activities have done by company, so that, the product is not known by public. It have on effect on to come down of sales, sales target out of reach, so that, company profit to come down. Therefore, is suggested for to do sales promotion by expo will done at ten cities choised, with cost and total budget Rp. 44.252.000,- ; to give voucher to all consumers choised, with cost and total budget Rp. 4.000.000,- and to do more effectively of promotion activities by media are radio on local area, which will budgeted Rp. 21.036.000,- ; newspaper with cost of budget Rp. 16.800.000,- and special medium with cost of budget Rp. 8.460.000,-.Based on the conclution above, then predictable that sales at next period will to grow up bigger, is become Rp. 14.605.620.555,-. It means is grow up in sales is Rp. 10.834.490.555,- (Rp. 14.605.620.555,- lessen by Rp 3.771.130.000,-).

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3149

Actions (login required)

View Item View Item