PENGARUH PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN OLEH HUMAS PT. TELKOM TERHADAP CITRA PERUSAHAAN

Salisah, Farhatus (2002) PENGARUH PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN OLEH HUMAS PT. TELKOM TERHADAP CITRA PERUSAHAAN.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbagai aktivitas di segala bidang, PT. Telkom telah mengoperasikan Infra Struktur Jaringan Telekomunikasi yang dinamai Jaringan Pintar Teknologi Informasi ( JAPATI) Namun inovasi Telkom ini ternyata tidak lepas dari kritik masyarakat yang menilai layanan ini mengakibatkan tagihan telepon membengkak setiap bulannya. Jasa Premuim Call terkesan mahal, hal ini terjadi akibat kekurang fahaman masyarakat terhadap jasa layanan tersebut.Kehadiran jasa layanan Premium Call ini secara teknologi dinilai oleh sebagian masyarakat belum memberikan jaminan keamanan bagi pemilik pesawat telepon, hal ini dilihat dari munculnya complain atau keluhan dari pelanggan. Langkah ini merupakan upaya PT. Telkom dalam memelihara citra Perusahaannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penanganan keluhan pelanggan oleh Humas PT. Telkom Gresik terhadap citra perusahaan dan seberapa besar pengaruh itu terjadi.Penelitian ini menggunakan tipe ekplanatif. Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan PT. Telkom Gresik, yang mengeluh tentang layanan Premium Call sebanyak 122 pelanggan. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 25% dari Poipulasi yakni sebanyak 31 pelanggan yang mengeleh mengenai Premium Call. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunkan angket dan dokumentasi.Data yang diperoleh dihitung secara statistik dengan menggunakan rumus regresi linear, sebagai berikut : Y= a bxDari analisa dapat diketahui ada pengaruh antara penanganan keluhan pelanggan oleh Humas PT. Telkom terhadap citra perusahaan di PT. Telkom Gresik. Sehingga hipotesis kerja (HI) dapat di terima. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai F hitung 8,776 lebih besar dari F Tabel yaitu 8,776> 4,18.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Communication Science > 2002 > Event Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item View Item