PENERAPAN BALANCED SCORECARDSEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA PT. PG KEBON AGUNG MALANG

Rofita, Erni (2002) PENERAPAN BALANCED SCORECARDSEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA PT. PG KEBON AGUNG MALANG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada PT. PG Kebon Agung Malang dengan judul “Penerepan Balanced Scorecard sebagai Alat Ukur Kinerja pada PT. PG Kebon Agung Malang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Balanced Scorecard dalam menilai kinerja PT. PG Kebon Agung Malang. Teknik yang digunakan untuk mengetahui bagaimana metode Balanced Scorecard dalam menilai kierja perusahaan, jika diterapkan pada PT. PG Kebon Agung Malang dalam kurun waktu 1998-2001 yaitu perspektif keuangan menggunakan indikator Return On Investment, Profit Margin dan Growth Rate Sales. Perspektif pelanggan menggunakan ukuran Customer Retention, On Time Delivery, Number of Complain, dan Number of Sales Return. Perspektif proses bisnis internal menggunakan indikator Cycle Time, Defect Rate dan Idle Capacity. Pada perspektif proses belajar dan berkembang menggunakan Employee Productivity, Employee Turnover, Employee Training dan Absenteism. Hasil perhitungan dengan metode Balanced Scorecard, menunjukkan bahwa kinerja PT. PG Kebon Agung Malang pada perspektif keuangan adalah baik. Hal ini ditunjukkan oleh ketiga indikator yang digunakan. Pada ketiga perspektif yang lain dikatakan cukup baik, hanya saja perusahaan perlu memperhatikan adanya keluhan dari pelanggan dan kerusakan produk yang menyebabkan turunnya kualitas gula. Pelatihan yang diadakan perlu untuk meningkatkan materi tentang cara produksi yang lebih baik. Saat ini PT. PG Kebon Agung Malang belum menerapkan Balanced Scorecard. Berdasarkan hasil analisis pada masing-masing perspektif dalam metode Balanced Scorecard memungkinnkan untuk diterapkannya metode Balanced Scorecard dalam menilai kinerja perusahaan. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. PG Kebon Agung Malang menerapkan metode Balanced Scorecard dalam menilai kinerjanya. Hal ini disebabkan dalam penilaian kinerja dengan metode Balanced Scorecard tidak hanya melihat hasil akhir saja tetapi juga proses dalam menghasilkan hasil akhir tersebut.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Accounting > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3283

Actions (login required)

View Item View Item