PENGARUH MARKET VALUE ADDED (MVA) TERHADAP HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)

Elok Hidayati, Petty (2002) PENGARUH MARKET VALUE ADDED (MVA) TERHADAP HARGA PASAR SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada Bursa Efek Jakarta, khususnya pada perussahaan sektor food and beverage dengan judul “Pengaruh Market Value Added (MVA) terhadap Harga Pasar Saham pada Perusahaan Sektor Food and Beverage yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta (BEJ)”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Market Value Added (MVA) berhubungan erat sekaligus berpengaruh signifikan terhadap Harga Pasar Saham, pada Perusahaan Sektor Food and Beverage yang tercatat dan aktif di Bursa Efek Jakarta (BEJ).Pada penelitian ini, penulis membuat dua hipotesis, yaitu : bahwa Market Value Added berhubungan erat dengan Harga Pasar Saham; dan Market Value Added (MVA) berpengaruh signifikan terhadap Harga Pasar Saham.Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah Market Value Added berhubungan erat dengan Harga Pasar Saham adalah analisis koefisien korelasi, dengan tolok ukur bahwa koefisien korelasi yang positif menunjukkan adanya hubungan yang searah. Begitu juga sebaliknya, koefisien korelasi yang negatif menunjukkan adanya hubungan yang tidak searah. Untuk mengetahui apakah Market Value Added (MVA) berpengaruh signifikan terhadap Harga Pasar Saham, alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Untuk mengetahui besarnya pengaruh atau penentu MVA terhadap harga Pasar saham digunakan analisis koefisien determinasi yang diperoleh dari prosentase nilai koefisien korelasi yang dikuadratkan. Dan untuk menguji hipotesis, digunakan Uji-t (t-Test).Dari hasil analisis koefisien korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dapat dinyatakan bahwa hasil yang ada sesuai dengan tolok ukur dan hipotesis yang digunakan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Market Value Added (MVA) berhubungan erat dengan Harga Pasar Saham.Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis dapat mengimplikasikan bahwa investor sebaiknya memperhatikan MVA dari sebuah emiten sebelum mengambil suatu keputusan investasi. Bagi perusahaan hendaknya untuk lebih meningkatkan kinerja keuangan yang tercermin pada nilai MVA

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

View Item View Item