EVALUASI KEPUASAN PELANGGAN (PASIEN)DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA NGEGONG KECAMATAN MANGUHARJO KOTA MADIUN

Rosyid Hamzah, Muhamad (2002) EVALUASI KEPUASAN PELANGGAN (PASIEN)DI PUSKESMAS PEMBANTU DESA NGEGONG KECAMATAN MANGUHARJO KOTA MADIUN.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupkan survey kepuasan pelanggan pada puskesmas pembantu desa Ngegong dengan judul “ Evaluasi kepuasan Pelanggan (pasien) di Puskemas Pembantu desa Ngegong Kecamatan Manguharjo Kota Madiun”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan (pasien) di Puskesmas pembantu desa Ngegong kecamatan Manguharjo kota Madiun.Pada penelitian ini ppenulis mengmbil dua hipotesis yaitu Hipotesis secara menyeluruh bahwa kinerja sesuai dengan harapan pelanggan, dan hipotesis setiap variabel (bukti langsung, kehandalan, tanggapan, jaminan dan perhatian ) bahwa kinerja sudah sesuai dengan harapan pelanggan. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan adalah Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP). Tolok ukur yang digunakan untuk menguji kepuasan pelanggan adalah IKP > 1. Tolok ukur ini digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua.Hasil perhitungan alat analisis IKP, Perhitungan IKP secara menyeluruh sebesar 1,009. Sedangkan hasil perhitungan IKP setiap variabel sebagai berikut : variabel bukti langsung sebesar 0,995, variabel kehandalan sebesar 1,009, variabel tanggapan sebesar 1.012, variabel jaminan sebesar 1,019, dan variabel perhatian sebesar 1.011.Dari hasil analisis IKP tersebut , IKP secara menyeluruh sudah sesuai dengan tolok ukur, secara menyeluruh dapat dikatakan bahwa pelanggan (pasien) puas; dan perhitungan setip variabel hanya IKP bukti lamgsung yang menunjukkan indikasi tidak puas, atau tidak sesuai dengan tolok ukur, sedangkan perhitungan IKP variabel kehandalan, tanggapan, jaminan, dan perhatian menunjukkan sesuai dengan tolok ukur.Berdasarkan kesimpulan diatas dapat dikatakan bahwa bahwa sebaiknya Puskesmas Pembantu desa Ngegong memperbaiki kinerja variabel bukti langsung dan meningkatkan kinerja pada empat variabel yang lain.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3298

Actions (login required)

View Item View Item