analisa sikap mahasiswa terhadap efektifitas pesan iklan rokok djarum black di televisi (studi pada fakultas ekonomi UMM)

Wijaya Haryono, Ferdinand (2002) analisa sikap mahasiswa terhadap efektifitas pesan iklan rokok djarum black di televisi (studi pada fakultas ekonomi UMM).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada skripsi ini tergolong penelitian survey. Penelitian ini berjudul “ Analisa Sikap Mahasiswa Terhadap Efektivitas Pesan Iklan Rokok Djarum Balck di Televisi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pesan iklan yang disampaikan oleh rokok Djarum Black di televisi. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Isi pesan, Format Pesan, Struktur pesan dan Sumber pesan. Sedangkan kriteria yang digunakan untuk dijadikan ukuran efektivitas adalah Uji Perubahan Sikap.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji proporsi (ZHitung). Dalam metode ini perlu diketahui proporsi sampel efektifnya, proporsi dikatakan efektif dan standar eror proporsi yang kemudian hasil perhitungan ZHitung dibandingkan dengan nilai ZTabel. Hasil penelitian dapat diketahui, bahwa masing-masing variabel yang diteliti ternyata tidak efektif. Hal ini dikarena nilai ZHitung setiap variabel lebih kecil dibandingkan dengan nilai ZTabel-nya. Demikian juga dengan perhitungan ZHitung untuk variabel keseluruhan ternyata lebih kecil dibandingkan dengan nilai ZTabel.Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini bahwa pesan iklan yang disampaikan oleh rokok Djarum Black melalui media televisi ternyata tidak efektif. Sehingga perlu dilakukan perubahan terhadap iklan yang telah disampaikannya karena responden tidak memberikan respon yang positif terhadap pesan yang disampaikan.Saran yang bisa peneliti sampaikan adalah sebaiknya pihak rokok djarum Black dalam membuat sebuah iklan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi riil yang ada di masyarakat. Sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami atau dimengerti oleh konsumen yang pada akhirnya konsumen akan ingat terhadap iklan tersebut. Dan dalam pembuatan sebuah iklan harus benar-benar diperhatikan Isi pesan, Format pesan, Struktur pesan dan Sumber pesan untuk mendukung keberhasilan iklan tersebut.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3317

Actions (login required)

View Item View Item