Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Perumahan Pondok Indah Estate Malang Pengembang PT Citra Gading Asritama Malang

Lestarianto, Arif (2002) Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Perumahan Pondok Indah Estate Malang Pengembang PT Citra Gading Asritama Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan judul “Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Perumahan Pondok Indah Estate Malang Pengembang PT Citra Gading Asritama Malang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan pada Perumahan PondokIndah Estate Malang, dan untuk mengetahui variabel yang dominanan dalam memberikan kepuasan pelanggan pada Perumahan Pondok Indah Estate Malang. Dalam penelitian ini hipotesis yang diambil adalah : yang satu tidak dihipotesiskan, karena bersifat deskriptif. Hipotesis yang ke dua adalah di duga bahwa variabel ciri – ciri atau keistimewaan tambahan merupakan variabel yang dominanan dalam memberikan kepuasan pelanggan pada Perumahan PondokIndah Estate Malang. Alat analisis yang dugunakan untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan pada Perumahan Pondok Indah Estate Malang menggunakan analisis nilai indeks, dan untuk mengetahui variabel apa yang dominan dalam memberikan kepuasan pelanggan pada Perumahan Pondok Indah Estate Malang menggunakan analisis Chi Square. Tolak ukur untuk menentukan bagaimana kepuasan pelnggan yaitu sebagai berikut apabila NI = 1 s/d 20 artinya sangat tidak puas, 21 s/d 40 artinya tidak puas, 41 s/d 60 artinya biasa – biasa, 61 s/d 80 artinya puas, 81 s/d 100 artinya sangat puas. Tolak ukur untuk mengetahui variabel apa yang dominan dalam memberikan kepuasan pelanggan yaitu variabel yang mempunyai selisih nilai C dan Cmaks paling dekat. Hasil perhitungan dengan alat analisis nilai indeks yaitu sebagai berikut : 1) Kinerja, NI = 76,3 %; 2) Ciri – ciri atau keistimewaan tambahan, NI = 63,29 %; 3) Kehandalan, NI = 55,61 %; 4) Kesesuaian dengan spesifikasi, NI = 60,42 %; 4) Daya tahan, NI = 53,74 %; 6) Serviceability, NI = 58,25 %; 7) Estetika, NI = 59,14 %; 8) Kualitas yang dipersepsikan, NI = 52,49 %Sedangkan hasil perhitungan dengan analisis chi square untuk mengetahui variabel yang dominan dalam memberikan kepuasan pelanggan adalah sebagai berikut : yang mempunyai selisih nilai C dan C maks paling dekat adalah adalah variabel estetika. Dari hasil analisis nilai indeks, sesuai dengan tolak ukur yang digunakan, maka dapat diambil kesimpulan yaiti sebagai berikut:1) Pelanggan merasa puas terhadap variabel kinerja; 2) Pelanggan merasa puas terhadap variabel ciri – ciri / keistimewaan tambahan; 3) Pelanggan merasa biasa – biasa terhadap variabel kehandalan; 4) Pelanggan merasa biasa – biasa terhadap variabel kesesuaian dengan spesifikasi; 5) Pelanggan merasa biasa – biasa terhadap variabel daya tahan; 6) Pelanggan merasa biasa – biasa terhadap variabel serviceability; 7) Pelanggan merasa biasa – biasa terhadap variabel estetika; 8) Pelanggan merasa biasa – biasa terhadap variabel kualitas yang dipersepsikan. Dari hasil analisis chi square sesuai dengan tolak ukur yang digunakan maka variabel estetika merupakan variabel yang dominan dalam memberikan kepuasan pelanggan pada Perumahan Pondok Indah Estate Malang. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini tidak terbukti. Hipotesis tidak terbukti karena hipotesis berdasarkan penelitian terdahulu yang berupa skripsi, yang mana lokasi penelitiannya berbeda. Sehingga dengan lokasi yang berbeda karakteristik responden juga berbeda. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan berusaha dengan sungguh - sungguh untuk meningkatkan variabel yang mana pelanggannya belum merasa puas.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item