Pengukuran kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum: studi kasus PDAM Kabupaten Bandung Cabang Cimahi.

Saputro, Nico (2000) Pengukuran kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum: studi kasus PDAM Kabupaten Bandung Cabang Cimahi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai suatu badan usaha yang bergerak di bidang pelayanan umum, sebaiknya dikelola sebagaimana layaknya suatu badan usaha yang bergerak di bidang jasa. PDAM dalam menjalankan fungsi pelayannya sebaiknya berorientasi kepada pelanggan dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pelanggannya. Untuk itu, PDAM harus berupaya memahami apa yang diharapkan pelanggan dan bagaimana berupaya memahami apa yang mereka terima agar dapat didisain pelayanan yang efektif. Kualitas pelayanan PDAM dapat diukur dari sisi pelanggan, yaitu dengan melihat persepsi pelanggan terhadap pelayanan aktual yang diterima dan harapan pelanggan. Idealnya, tidak ada kesenjangan antara persepsi dan harapan pelanggan ini. Hal ini berarti bahwa kualitas pelayanan yang diberikan baik karena sesuai dengan harapan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak PDAM telah memahami sepenuhnya harapan pelanggan mereka. Tetapi kualitas pelayanan PDAM dinilai oleh pelanggan masih belum memenuhi harapan mereka. Selain itu, tidak ada perbedaan penilaian kualitas pelayanan diantara segmen pelanggan rumah tangga dan segmen dagang/jasa.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Management And Planning > Industrial Management > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item