Analisa Penerimaan Pengguna pada Sistem ERP Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada PT Astra International TBK (ASTRAWORLD) Cabang Pasteur Bandung

Agi Pratomo, Puri (2016) Analisa Penerimaan Pengguna pada Sistem ERP Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada PT Astra International TBK (ASTRAWORLD) Cabang Pasteur Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Astra International Tbk merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang bergerak di bidang otomotif, agrobisnis, dan lain sebagainya. Di bidang otomotif meliputi penjualan, suku cadang (sparepart), dan servis mobil. Pada bulan Februari tahun 2001, PT. Astra International Tbk mendirikan sales operation baru yaitu AstraWorld sales operation yang bergerak di bidang membership dan layanan darurat. PT. Astra International Tbk telah mengimplementasikan sistem ERP di semua divisi dan anak perusahaan, salah satunya adalah Astraworld. PT Astra International Tbk (AstraWorld) cabang Pasteur Bandung, tetapi tidak semua karyawan bagian kantor memanfaatkan sistem ERP secara maksimal, maka di susunlah penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penerimaan teknologi informasi yang mempengaruhi penerimaan pengguna dalam menggunakan teknologi informasi. Technology Acceptance Model atau TAM adalah sebuah model yang digunakan untuk mengukur penerimaan pengguna terhadap suatu teknologi. TAM pertama kali di temukan oleh Davis dimana pada awal mula TAM terdapat dua variabel awal yaitu pengaruh kegunaan dan pengaruh mudah digunakan. Model TAM yang digunakan dalam penelitian ini adalah model TAM yang telah dikembangkan oleh (Gardner & Amoroso) untuk variabel Pengalaman dan (Venkatesh & Davis) untuk Kualitas Informasi, dimana faktor-faktor lain yang digunakan yaitu Perceived Ease of Use (PEOU), Perceived Usefulness (PU), Attitude Toward Use (ATU), Behaviour Intention to Use (BI) dan Actual Use System (ASU). Hasil yang di peroleh dari penelitian ini yaitu hubungan antar setiap faktor yang mempengaruhi penerimaan seorang karyawan ketika menggunakan sistem ERP, yaitu ATU berpengaruh terhadap ASU, ATU berpengaruh terhadap BI, BI berpengaruh terhadap ASU, IQ berpengaruh terhadap PEU, IQ berpengaruh terhadap PU, PEU berpengaruh terhdapa PU dan PU berpengaruh terhadap BI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PT. Astra International Tbk, AstraWorld , (TAM), ASU, ATU, IQ, PEU, PU, EX
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item