Implementasi Algoritma Alpha Beta Pruning Untuk Mencari Posisi Agent Dalam Menentukan Keputusan Passing Pada Simulator Robot Soccer Dua Dimensi

Marta Putra, Riko (2016) Implementasi Algoritma Alpha Beta Pruning Untuk Mencari Posisi Agent Dalam Menentukan Keputusan Passing Pada Simulator Robot Soccer Dua Dimensi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Robot sepak bola atau yang dikenal dengan robosoccer merupakan salah satu contoh implementasi antara teknologi robotika dan kecerdasan buatan yang bertujuan untuk menciptakan sebuah robot yang dapat bermain sepak bola. Pemain sepak bola virtual atau agent dituntut untuk mempunyai kecerdasan individu maupun kerjasama tim dalam memilih aksi-aksi yang tepat pada kondisi tertentu. Salah satu aksi individu dalam sepak bola adalah mengoper bola pada teman satu tim atau yang biasa disebut passing. Passing pada pemain penyerang bertujuan untuk menciptakan ruang sehingga pemain dapat menciptakan gol ke gawang lawan dan dapat mempertahankan daerah pertahanan bagi pemain bertahan. Faktor yang mempengaruhi dalam mengoper bola antara lain posisi pemain, jarak musuh, jarak gawang lawan dan jarak bola. Alpha Beta Pruning merupakan metode yang digunakan untuk membantu mengoptimalkan pencarian posisi teman dalam mengoper bola. Sehingga dalam situasi menyerang dapat memperbesar peluang mencetak gol ke gawang lawan dan dalam situasi bertahan dapat mempertahankan daerah pertahanan. Algoritma Alpha Beta pruning diuji dengan cara membuat sebuah skenario dimana agent yang akan menerima bola ditempatkan pada posisi tertentu, hasil dari pengujian skenario tersebut algoritma Alpha beta Pruning memilih posisi agent yang mempunyai nilai tertinggi. Sedangkan hasil pemanfaatan algoritma Alpha Beta pruning pada tim yang dikembangkan menunjukkan performa umpan bola yang lebih baik dibandingkan ketika tim belum menggunakan algoritma Alpha Beta pruning. Dimana akurasi umpan bola yang dilakukan oleh tim yang dikembangkan menghasilkan 71,42% umpan yang berhasil dari 119 kali percobaan dan 28,57% umpan yang gagal dari 119 kali percobaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alpha Beta Pruning, Robotika, Simulasi Robot Sepak Bola, Umpan Bola
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3750

Actions (login required)

View Item View Item