EVALUASI PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMENPADA PUSAT PENDAPATANPADA PT. SURYA SAKTI UTAMA SURABAYA

Rifaah, Tanti (2002) EVALUASI PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMENPADA PUSAT PENDAPATANPADA PT. SURYA SAKTI UTAMA SURABAYA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. SS Utama Surabaya dengan judul " Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Pada Pusat Pendapatan Pada PT. SS Utama Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian manajemen pada pusat pendapatan di bagian penjualan; dan untuk mengetahui faktor apa yang menjadi kendala dalam pelaksanaan sistem pengendalian manajemen pada pusat pendapatan di bagian penjualan ? Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis dengan penilaian anggaran penjualan dengan cara analisa deskriptif melalui tahapan yaitu proses pengendalian manajemen yang terdiri dari pemrograman penjualan, penganggaran penjualan, operasi pengukuran penjualan, serta pelaporan dan analisa penjualan. Dari analisis yang telah dilakukan, maka dapat diperoleh gambaran bahwa sistem penjualan yang diterapkan perusahaan sudah baik. Ini terbukti pada saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan selama ini telah mendukung dalam menghasilkan omset penjualan yang maksimal, pembagian tugas dan wewenang secara jelas di bagian penjualan. Dalam penyusunan anggaran penjualan telah tersusun dengan baik, hal ini terbukti bahwa relisasi melebihi anggaran yang telah ditetapkan, akan tetapi dalam penyusunan anggaran biaya penjualan, anggaran dibuat secara global (belum terinci). Operasi dan pengukuran dari hasil yang telah dicapai oleh bagian penjualan dilakukan dengan mengadakan pertemuan umum antar pelaksana penjualan dengan pihak-pihak yang terkait untuk membahas permasalahan yang timbul dan membuat laporan atas penjualan yang telah dilaksanakan. Anggaran penjualan selama ini merupakan jumlah produk yang dihasilkan kemudian menjadi target penjualan. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan dalam menerapkan proses pengendalian manajemen di bagian penjualan dibutuhkan suatu pengendalian intern yang baik, oleh karena itu ketaatan terhadap sistem penjualan harus selalu diperhatikan. Dalam penyusunan anggaran biaya penjualan, anggaran sebaiknya dibuat secara terinci, sehingga dapat memberikan informasi yang jelas kepada director sehingga dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan pengembangan usaha yang dipimpinnya. Pengukuran prestasi yang dihasilkan di bagian penjualan dalam usahanya memasarkan produk perusahaan hendaknya disertai dengan ulasan yang mendasar yang mendukung agar diperoleh gambaran yang jelas mengenai usaha penjualan yang dilakukan. Dan perusahaan harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Accounting > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item