Aplikasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Jurusan Teknik Komputer-UNIKOM)

Hamidah, Ida (2013) Aplikasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Jurusan Teknik Komputer-UNIKOM).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pertumbuhan yang pesat dari akumulasi data telah menciptakan kondisi kaya akan data tapi minim informasi. Data mining merupakan penambangan atau penemuan informasi baru dengan mencari pola atau aturan tertentu dari sejumlah data dalam jumlah besar yang diharapkan dapat mengatasi kondisi tersebut. Data mining sendiri memiliki beberapa teknik salah satunya klasifikasi. Teknik klasifikasi terdiri dari beberapa metode, dan decision tree adalah bagian dari metode klasifikasi. Kemudian metode decision tree memiliki beberapa algoritma, algoritma C4.5 adalah salah satu dari algoritma yang dimiliki decision tree. Dengan memanfaatkan data nilai akademik, diharapkan dapat menghasilkan informasi tentang tingkat kelulusan mahasiswa melalui teknik Data mining. Kategori tingkat kelulusan diukur dari lama studi yang terdiri dari dua kategori yaitu 5 tahun dan data nilai akademik yang digunakan adalah 6 mata kuliah yang diantaranya algoritma, fisika1, fisika2, kalkulus1, kalkulus2, dan pengantar sistem komputer. Dalam algoritma C4.5 terdapat dua buah data, yaitu data training dan juga data testing. Data training adalah data akan diolah dalam pembentukan algoritmanya yang kemudian akan di uji dengan data testing yang hasilnya berupa informasi hasil prediksi masa studi. informasi yang ditampilkan berupa prediksi masa studi permahasiswa dan persentase kecocokan hasil prediksi dengan data asli mahasiswa dalam jumlah yang banyak dengan data training yang berbeda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Data mining, Klasifikasi, Decision tree, Algoritma C4.5, Data training, Data testing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item