PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERILAKU ANAK SETELAH MENONTON FILM CRAYON SINCHAN( Studi Persepsi Pada Mahasiswa Angkatan Tahun 1999 Fakultas Psikologi UMM )

Nur Yuniarti, Novi (2002) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERILAKU ANAK SETELAH MENONTON FILM CRAYON SINCHAN( Studi Persepsi Pada Mahasiswa Angkatan Tahun 1999 Fakultas Psikologi UMM ).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Televisi sebagai produk teknologi maju berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi itu sendiri dan telah menyentuh kepentingan umat manusia. Kehadiran televisi menghadirkan berbagai macam program hiburan dan informasi. Bahkan sudah banyak acara-acara yang dikemas sedemikian rupa dari acara anak-anak sampai orang dewasa yang mana sekarang sudah tidak asing lagi. Seperti halnya acara televisi untuk anak-anak sebagai salah satu segmen penting. Sementara adanya kecenderungan yang sangat besar pada berbagai usia dan jenis kelamin menyukai acara film. Film dinilai sangat menarik. Seluruh stasiun televisi yang ada saat ini memiliki berbagai film kartun anak yang ditayangkan. Dan dari sejumlah film serial anak-anak yang paling digemari untuk saat ini adalah film Crayon Sinchan.Kehadiran film kartun Crayon Sinchan menimbulkan dua pemikiran yang berbeda, yaitu Crayon Sinchan juga dapat dukungan dari sebagian kelompok masyarakat dan sekaligus mendapat kecaman dari yang lain. Dengan adanya dua pemikiran yang berbeda dari kalangan masyarakat seperti itu, bisa memunculkan persepsi yang macam-macam. Persepsi muncul karena adanya rangsangan verbal dan non-verbal. Seperti kehadiran film Crayon Sinchan secara tidak langsung dan langsung akan bisa memunculkan efek, baik itu yang positif maupun negatif. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa tentang perilaku anak setelah menonton film Crayon Sinchan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang perilaku anak setelah menonton film Crayon Sinchan. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Angkatan Thn 1999 Fakultas Psikologi UMM yang pernah mengetahui film Crayon Sinchan sebanyak 284 orang. Dari jumlah populasi sebanyak 284 orang yang memenuhi ciri atau kriteria dalam penelitian ini sebanyak 127 responden. Jadi sampel yang diambil adalah sebesar 127 responden dengan tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Untuk pengumpulan data menggunakan tekhnik pengumpulan data yang berupa questioner, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh dengan menggunakan tekhnik diatas, maka dimasukkan dalam sebuah analisis data domain yang berfungsi untuk memperoleh gambaran / pengertian yang bersifat umum dan relatif menyeluruh tentang apa yang tercakup di dalam suatu fokus / pokok permasalahan yang diteliti. Berdasarkan hasil analisa data, diketahui bahwa mahasiswa Angkatan Thn 1999 Fakultas Psikologi UMM memberikan tanggapan yang cukup baik ( arah pandangan positif ) tentang perilaku anak setelah menonton film Crayon Sinchan. Bahwa kehadiran film Crayon Sinchan tidak merubah perilaku anak / saudara responden, meskipun Crayon Sinchan sendiri banyak disukai oleh kalangan anak-anak dan orang dewasa. Untuk itulah tayangan program film anak tersebut masih mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk tetap ditayangkan.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Communication Science > 2002 > Odd Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3810

Actions (login required)

View Item View Item