PENGARUH TERPAAN IKLAN PASTA GIGI CLOSE UP DI TELEVISI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PASTA GIGI CLOSE UP ( Study di Kalangan Mahasiswa FISIP Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan Tahun 1999/2000 Universitas Muhammadiyah Malang )

Rosanti, Figia (2002) PENGARUH TERPAAN IKLAN PASTA GIGI CLOSE UP DI TELEVISI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PASTA GIGI CLOSE UP ( Study di Kalangan Mahasiswa FISIP Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan Tahun 1999/2000 Universitas Muhammadiyah Malang ).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari ketatnya persaingan di dunia usaha yang mengharuskan antara produsen satu dan produsen lainnya saling berkompetensi untuk merebut pasaran. Hal ini juga dilakukan oleh produsen pasta gigi Close Up yang menggunakan iklan sebagai alat untuk mengenalkan produknya pada khalayak.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh antara terpaan iklan pasta gigi Close Up dan minat menggunakan dikalangan mahasiswa FISIP jurusan Ilmu Komunikasi angakatan tahun 1999/2000 universitas Muhammadiyah Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terpaan iklan pasta gigi Close Up itu berpengaruh terhadap minat menggunakan pasta gigi Close Up pada mahasiswa dan seberapa besar pengaruhnya.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA yaitu Attention atau perhatian, Attention atau minat, Desire atau keinginan, Decition atau pengambilan keputusan dan Action atau tindakan. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel antara lain : variabel independent (variabel x) yaitu terpaan iklan pasta gigi Close Up di Televisi dan variabel dependent (variabel y) yaitu minat menggunakan pada mahasiswa.Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah mahasiswa FISIP jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 1999/2000 Universitas Muhammadiyah Malang. Sedangkan sampelnya diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Adapun tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ekspalanatif yaitu bagaimana variabel-variabel yang akan diteliti itu akan menjelaskan objek yang diteliti melalui data yang terkumpul. Sedangkan dasar penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah survey.Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi sebagai pelengkap data. Data yang diperoleh dihitung secara statistik dengan menggunakan rumus Regresi Linier sebagai berikut :Y = a bxDari analisa data dapat diketahui bahwa terpaan iklan pasta gigi Close Up di Televisi berpengaruh terhadap minat menggunakan pasta gigi Close Up pada mahasiswa FISIP jurusan Ilmu Komunikasi angkatan tahun 1999/2000 Univesitas Muhammadiyah Malang.Berdasarkan hasil yang diperoleh F hitung > F tabel yaitu 16,539 > 3,99 maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Besarnya pengaruh yang terjadi diketahui dengan melihat nilai koofesien determinasi sebesar 0,203. Selanjutnya nilai koofesien determinasi dikalikan dengan 100% sehingga dapat diketahui kalau ada pengaruh terpaan iklan pasta gigi Close Up di Televisi terhadap minat menggunakan pasta gigi Close Up pada mahasiswa sebesar 20,3%.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Communication Science > 2002 > Odd Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 16 Nov 2016 07:38
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3856

Actions (login required)

View Item View Item