Prediksi anomali gayaberat di darat dengan metode kolokasi kuadrat terkecil: studi kasus Pulau Jawa.

Aries Rokhmana, Catur (2000) Prediksi anomali gayaberat di darat dengan metode kolokasi kuadrat terkecil: studi kasus Pulau Jawa.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Beberapa studi pemodelan geoid-gravimetrik menyimpulkan bahwa kondisi data anomali gayaberat yang ada menjadi salah satu kendala bagi upaya pemodelan medan gayaberat teliti di Indonesia. Prosedur prediksi dengan metode yang lebih baik dapat membuka kemungkinan untuk melakukan penyusunan ulang data anomali gaya berat yang lebih baik dari kondisi sebelumnya.Proses prediksi dilakukan pada data anomali gaya berat di pulau Jawa dengan metode kolokasi kuadrat terkecil. Data anomali gayaberat diperoleh dari hasil prosedur reduksi pada data gayaberat absolut hasil observasi. Tiga alternatif proses reduksi guna memperhalus bidang prediksi dilakukan dengan membentuk besaran anomali free-air residu dan anomali Bouguer residu. Anomali residu tersebut diperoleh dengan menghilangkan bagian gelombang panjang dengan model geopotensial EGM96 atau persamaan polinomial 2D. Hasil proses prediksi diuji secara empirik dengan mencari selisih nilai hasil observasi dengan nilai hasil prediksi.Hasil prediksi berupa data anomali Bouguer komplit, dan Blok anomali free-air yang berkisi 2’x2’, beserta data DTM berkisi 30”x30” hasil perbaikan. Pengujian empirik pada nilai anomali Bouguer komplit memberikan hasil terbaik pada prosedur alternatif-1 dengan selisih rata-rata –2.270mGal dengan simpangan baku 5.486mGal, sementara pada nilai anomali free-air (alternatif-2) memberikan selisih rata-rata –0.007mGal dengan simpangan baku 5.948mGal. Penggunaan alternatif-3 memberikan nilai selisih anomali Bouguer komplit rata-rata –2.346mGal dengan simpangan baku 5.911mGal. Hasil ini lebih baik dibandingkan dengan kondisi data yang ada sebelumnya.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Physical And Mathematical Sci. > Geodetic Engineering > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item