Pembangunan Aplikasi Pencegahan Akses Ke Network Dengan Melakukan Pengamat Log Sebagai Deteksi Instrusion Menggunakan Metode Signature Dan Metode Anomali Di PT. Indotama Palapa Nusantara

Cahya Budiman, Suwardana (2016) Pembangunan Aplikasi Pencegahan Akses Ke Network Dengan Melakukan Pengamat Log Sebagai Deteksi Instrusion Menggunakan Metode Signature Dan Metode Anomali Di PT. Indotama Palapa Nusantara.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Berdasarkan artikel yang dikeluarkan oleh Acunetix pada tanggal 12 Februari 2007[27], menginformasikan bahwa rata-rata website memiliki sistem keamanan yang rendah dengan tingkat kerentanan sampai 70% dan beresiko serius terjadinya peretasan. Hal ini menjadi perhatian utama dikarenakan sebagian besar layanan transactional PT. Indotama Palapa Nusantara dijalankan berbasiskan web, sehingga perlu adanya mekanisme sistem keamanan untuk mendeteksi intrusion, baik dalam hal deteksi dan pencegahan. Untuk mendeteksi intrusion, perlu adanya parameter data yang akan digunakan sebagai bahan analisa. Sumber data sebagai analisa pembangunan aplikasi dapat diambil melalui pengamatan log pada web server, dimana pembacaan data dilakukan secara realtime, kemudian data log tersebut dianalisa dengan menggunakan metode signature dan metode anomali. Metode signature adalah metode yang digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap paket-paket dalam jaringan dan melakukan pembandingan terhadap paket-paket tersebut dengan basis data signature yang dimiliki oleh sistem, sedangkan metode anomali adalah metode yang bertindak mengawasi traffic dalam jaringan dan melakukan perbandingan traffic yang terjadi dengan rata-rata traffic yang ada (stabil). Penerapan kedua metode tersebut dalam aplikasi yang dikembangkan sangat penting untuk dilakukan, dikarenakan kedua metode tersebut memiliki mekanisme berbeda dalam menganalisa intrusion, sehingga target dari penggunaan kedua metode tersebut dapat meningkatkan ketepatan dan kecepatan dalam proses pendeteksian intrusion, dalam pengaplikasian aplikasi, sistem dapat mendeteksi proses scanning atau brute force, SQL injection, XSS. Dimana dari deteksi tersebut menghasilkan response, dimana hasil response akan di teruskan ke router untuk dilakukan pemblokiran akses berdasarkan IP Address.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: log, intrusion, metode signature, metode anomali.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item View Item