ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK GUNAMENINGKATKAN LABA PADA PT. SUMBERBINA USAHAABADI KEDIRI

Chahyarini, Andulu (2002) ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK GUNAMENINGKATKAN LABA PADA PT. SUMBERBINA USAHAABADI KEDIRI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan yang bergerak di bidang industri tepung tapioka dengan judul “Analisis Penentuan Harga Jual Produk Guna Meningkatakan Laba Pada PT. Sumberbina Usahaabadi Kediri”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari kebijakan penentuan haraga jual produk yang berlaku, dan untuk mengetahui bagaimana kebijakan penentuan harag jual produk dapat meningkatkan laba, pada PT. Sumberbina Usahaabadi Kediri. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana perusahaan menetapkan harga jual produk menggunakan analisis harga cost plus yang dibagi menjadi dua yaitu : metode harga pokok penuh dan metode biaya variabel, dan untuk memisahkan biaya overhead pabrik yang bersifat semivariabel menjadi biaya tetap dan biaya variabel digunakan alat analisis statistik sederhana yaitu Least Square. Dan untuk mengetahui pada tingkat penjualan berapa perusahaan tidak mengalami kerugian dan juga tidak memperoleh laba maka digunakan analisis BEP. Alat-alat analisis ini digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan penentuan harga jual yang sesuai dengan kondisi perekonomian saat ini. Hasil perhitungan dengan alat analisis harga pokok penuh maka mark up yang diperoleh oleh perusahaan adalah sebesar 42,6 % untuk semester I dan 52,9 % untuk semester II dengan mark up gabungan sebesar 47,8 % dan apabila menggunakan alat analisis harga pokok variabel adalah sebesar 49,9 % untuk semester I dan 60,7 % untuk semester II dengan mark up gabungan sebesar 55,3 %. Sedangkan porsentase laba yang diberika oleh harga pokok penuh adalah 46,2 % dan 48,6 % yang dihasilkan dengan menggunakan metode biaya variabel dalam penentuan harga jual. Dalam penentuan harga jual dengan menggunakan prosentase mark up yang dihasilkan maka harga yang ditetapkan relatif rendah sehingga volume penjualan akan meningkat dan laba yang diinginkan akan tercapai. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. Sumberbina Usahaabadi semakin jeli dalam menentukan harga jual produknya, untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat hendaknya perusahaan menggunakan metode biaya variabel.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Accounting > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/3994

Actions (login required)

View Item View Item