PENERAPAN MANAJEMEN BIAYA KUALITAS PADA PT MERMAID TEXTILE INDONESIA DI MOJOKERTO

Sulistyo Nugrahani, Febrilia (2002) PENERAPAN MANAJEMEN BIAYA KUALITAS PADA PT MERMAID TEXTILE INDONESIA DI MOJOKERTO.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada PT. Mermaid Textile Indonesia dengan judul “Penerapan Manajemen Biaya Kualitas pada PT. Mermaid Textile Indonesia di Mojokerto”.Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pihak manajemen dalam hal pengidentifikasian kesempatan memperbaiki kinerja biaya kualitas dan analisis terhadap biaya kualitas dengan pendekatan value chain.Analisis yang digunakan adalah analisis biaya kualitas dengan pendekatan value chain. Analisis ini dilakukan dengan menganalisis aktivitas-aktivitas nilai perusahaan dalam peningkatan kualitas. Tolok ukur untuk menilai kinerja biaya kualitas dengan melihat laporan kinerja tren satu tahun dan laporan kinerja biaya kualitas jangka panjang dengan pembanding standar 2,5 % total biaya kualitas berdasarkan pandangan cacat nihil.Hasil perhitungan biaya kualitas dengan pendekatan value chain pada laporan kinerja satu tahun menunjukkan bahwa untuk tahun 2000 rasio total biaya kualitas adalah 5,878 % dan tahun 2001 sebesar 4,984 %. Sedangkan pada laporan kinerja jangka panjang yang membandingkan biaya kualitas tahun 2001 dengan biaya sasaran menunjukkan ada selisih 2,484 %.Dari hasil analisis biaya kualitas tersebut, sesuai dengan tolok ukur yang digunakan, maka usaha perusahaan mengendalikan biaya kualitas sudah cukup baik walaupun perusahaan belum melakukan pelaporan biaya kualitas secara khusus. Ini dapat di lihat dari penurunan rasio biaya kualitas. Akan tetapi jika di lihat dari hasil laporan kinerja biaya kualitas jangka panjang, maka perusahaan masih melakukan aktivitas tidak memberi nilai.Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan mulai menerapkan manajemen biaya kualitas dengan pendekatan value chain beserta sistem pelaporannya. Dan bagian Quality Control perlu meningkatkan kerjasama dengan semua pihak manajemen perusahaan dan pemasok bahan baku dengan tujuan untuk perbaikan kualitas sistem dan kualitas produk yang berkelanjutan.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Accounting > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4015

Actions (login required)

View Item View Item