PENGARUH BIAYA KUALITAS PADA EFISIENSI BIAYA DAN PENINGKATAN LABA TERHADAP PENJUALAN PADA PT. GUDANG GARAM, Tbk KEDIRI

Herowati, (2002) PENGARUH BIAYA KUALITAS PADA EFISIENSI BIAYA DAN PENINGKATAN LABA TERHADAP PENJUALAN PADA PT. GUDANG GARAM, Tbk KEDIRI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bersifat meyakinkan dan menggambarkan karakteristik dan variabel-variabel serta aspek-aspek yang penting pada objek penelitian pada PT. Gudang Garam, Tbk. Kediri dengan judul : Pengaruh Biaya Biaya Kualitas Pada Efisiensi Biaya Dan Peningkatan Laba Terhadap Penjualan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui :1. Penetapan kebijakan manajemen mengenai biaya kualitas 2. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh biaya kualitas dapat mengefisiensikan biaya dan peningkatan laba terhadap penjualan yang diperoleh perusahaan.Teknik analisis data yang digunakan untuk mengasuh biaya kualitas pada efisiensi biaya dan peningkatan biaya perusahaan. Menggunakan teknik analisis varian suatu teknik untuk membedakan jumlah pendapatan aktual dengan yang dianggarkan baik pendapatan maupun biaya. Selain itu juga digunakan teknik analisis (statistik dalam hal ini perhitungan korelasi dan regresi) untuk mengetahui hubungan dan pengaruh biaya kualitas dan efisiensi biaya dan peningkatan laba terhadap penjualan.Berdasarkan hasil penelitian, analisis penelitian dapat diketahui bahwa selisih biaya kualitas pada tahun 1998 sebesar Rp. 628 juta ini berarti upaya efisensi biaya masih belum dicapai dilihat dari selisih biaya kualitas yang melebihi anggaran.Sedangkan pada tahun 1999 selisih biaya sebesar Rp. 11.119 juta, menunjukkan bahwa perusahaan sudah dapat menerapkan kontrol kualitas lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara tahun 2000 selisih biaya kualitas semakin kecil yang yang besar Rp. 1.539 juta ini membuktikan bahwa merupakan kontrol kualitas semakin baik. Menurut analisis statistik (korelasi) hubungan antara variabel x (biaya kualitas dan y (penjualan) termasuk dalam kategori kuat. Dan analisis regresi menjelaskan bahwa variabel x terhadap variabel y bersifat signifikan F (0,000) (0,005) sehingga Ha ditolak dan H0 diterima. Ini berarti kedua variabel x dan y dalam kategori kuat. Adapun pengaruh biaya kualitas yang diterapkan oleh perusahaan selama tahun 1998 sampai dengan tahun 2000 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nilai penjualan.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Accounting > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4047

Actions (login required)

View Item View Item