EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PIUTANG DALAM USAHA MENINGKATKAN RENTABILITAS PADA CV. YUDISTIRA KEDIRI

Utami Widyaningrum, Sri (2002) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PIUTANG DALAM USAHA MENINGKATKAN RENTABILITAS PADA CV. YUDISTIRA KEDIRI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahan tegel, beton, dan sanitair CV. YUDISTIRA Kediri dengan judul “Efektivitas Pengelolaan Piutang Dalam Usaha Meningkatkan Rentabilitas Pada CV. YUDISTIRA Kediri”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan piutang pada perusahaan selama ini dan untuk menentukan piutang yang efektif dalam rangka peningkatan rentabilitas perusahaan.Dalam penelitian ini analisis yang digunakan adalah analisis aktivitas meliputi tingkat perputaran piutang, rata-rata pengumpulan piutang serta analisis tingkat rentabilitas.Dari hasil perhitungan yang ada, diketahui bahwa tingkat perputaran piutang dari tahun ketahun mengalami penurunan. Pada tahun 1998 adalah 5,21 kali, tahun 1999 adalah 4,89 kali, dan tahun 2000 adalah 4,53 kali. Untuk rata-rata pengumpulan piutang tahun 1998 adalah 69 hari, tahun 1999 adalah 74 hari, dan tahun 2000 adalah 79 hari. Sehingga ada keterlambatan pengumpulan piutang tahun 1998 adalah 39 hari, tahun 1999 adalah 44 hari, dan tahun 2000 adalah 49 hari, jauh dari standar yang ditetapkan perusahaan yaitu 30 hari. Sementara untuk tingkat rentabilitas ekonomi tahun 1998 sebesar 15,79 %, tahun 1999 sebesar 14,05 %, dan tahun 2000 sebesar 12,55 %. Tingkat rentabilitas modal sendiri tahun 1998 sebesar 14,69 %, tahun 1999 sebesar 12,67 %, dan tahun 2000 sebesar 10,76 %. Masalah tersebut dikarenakan adanya kebijaksanaan perusahaan yaitu n/30 tidak mendorong para pelanggan untuk membayar hutangnya lebih cepat, mengakibatkan modal kerja yang tertanam dalam piutang semakin besar.Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat mengimplikasikan sebaiknya perusahaan tegel, beton, dan sanitair CV. YUDISTIRA Kediri sebaiknya memberikan kebijaksanaan kredit kepada pelanggan 1/10 net 30. tingkat rentabilitas ekonomi sebelum adanya kebijaksanaan baru adalah 12,55 % setelah adanya kebijaksanaan baru meningkat menjadi 19,99 %, sedangkan tingkat rentabilitas modal sendiri sebelumnya adalah 10,76 % menjadi 20,53 %. Dengan adanya kebijaksanaan kredit tersebut akan meningkatkan tingkat rentabilitas perusahaan. Serta dengan lebih mengaktifkan pengumpulan piutang, yang antara lain dengan perbaikan terhadap sistem penarikan, selektivitas penerimaan kredit dan kebijaksanaan pengumpulan piutang secara intensif.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Accounting > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4071

Actions (login required)

View Item View Item