PEMERIKSAAN MANAJEMEN UNTUK MENGEVALUASI FUNGSI PEMELIHARAAN AKTIVA TETAP DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS JASA PELAYANAN KAPAL(Studi Kasus Pada PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya)

Wahyuni Anwar, Refiza (2002) PEMERIKSAAN MANAJEMEN UNTUK MENGEVALUASI FUNGSI PEMELIHARAAN AKTIVA TETAP DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS JASA PELAYANAN KAPAL(Studi Kasus Pada PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus pada PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya dengan judul “Pemeriksaan Manajemen Untuk Mengevaluasi Fungsi Pemeliharan Aktiva Tetap Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Jasa Pelayanan Kapal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan berbagai faktor yang dipandang berpengaruh terhadap efisiensi dan efektivitas jasa pelayanan kapal, untuk memperoleh gambaran tentang penerapan pemeriksaan manajemen pada fungsi pemeliharaan aktiva tetap oleh perusahaan, membantu manajemen untuk mengidentifikasikan masalah-masalah penting yang harus mendapat perhatian guna kepentingan pengambilan keputusan dan untuk memberikan hasil-hasil analisa dan mencoba untuk memberikan alternatif pemecahan masalah atas pemeriksaan manajemen terutama fungsi pemeliharaan, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk tindakan efisiensi dan efektivitas selanjutnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisa data berupa tahap pemeriksaan manajemen yang meliputi pemeriksaan pendahuluan, review dan pengujian terhadap sistem pengendalian manajemen, pemeriksaan terinci serta pelaporan dan tindak lanjut. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perencanaan pemeliharaan yang dibuat oleh perusahaan sudah cukup baik dan efektif. Dalam penyusunan anggaran yang dilakukan perusahaan secara umum telah sesuai dengan kriteria penyusunan anggaran yang ada. Dalam hal pelaksanaan pemeliharaan, prosedur pelaksanaan pemeliharaan yang dilakukan oleh perusahaan sudah dapat dikatakan efektif karena telah mencakup secara keseluruhan pemeliharaan baik yang bersifat preventive maintenance dan corrective maintenance. Dalam hal kenikan tingkat efisiensi sebesar 63,58% dibandingkan dengan tahun berikutnya. Adanya peningkatan efektivitas pendapatan jasa pelayanan kapal pada tahun 1999 sebesar 115,69% dibandingkan dengan tahun berikutnya. Disamping itu masih ada kelemahan-kelemahan antara lain belum adanya tolok ukur kegiatan pemeliharaan yang diandalkan. Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis dapat memberikan saran agar informasi yang diberikan sebagai alat kontrol kepada pimpinan perusahaan, maka hendaknya perusahaan lebih meningkatkan internal control yang ada, sehingga tindakan-tindakan penyelewengan yang dapat merugikan perusahaan dapat dihindari. Aktivitas pengendalian yang ada pada PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak Surabaya hendaknya senantiasa terus dilakukan pada periode-periode berikutnya.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Accounting > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item View Item