SISTEM PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS DENGAN PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK MENGENDALIKAN BIAYA KUALITAS PRODUK PADA PT.BOMA BISMA INDRA DIVISI PERALATAN INDUSTRI PASURUAN

Kusuma Wardhani, Devi (2002) SISTEM PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS DENGAN PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK MENGENDALIKAN BIAYA KUALITAS PRODUK PADA PT.BOMA BISMA INDRA DIVISI PERALATAN INDUSTRI PASURUAN.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan industri dengan judul “Sistem Pengendalian Biaya Kualitas Dengan Penerapan Total Quality Management TQM Untuk Mengendalikan Biaya kualitas Produk pada PT. Boma Bisma Indra Divisi Peralatan Industri Pasuruan”.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ruang lingkup biaya kualitas, mengetahui apakah biaya kualitas produk mengalami peningkatan, mengetahui kesempatan untuk mereduksi biaya kualitas dengan menggunakan dasar pengukuran penjualan seta untuk mengetahui perkembangan produk dari tahun ke tahun dengan adanya biaya kualitas. Penelitian ini menganalisis data diaya yang berkaitan dengan kegiatan untuk mengahasilan produk berkualitas yang terdapat pada PT.BBI.Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelian deskriptif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk meyakinkan dan menggambarkan karakteristik-karakteristik variabel-variabel dalam suatu situasi. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara variabel-variabel biaya kualitas, yaitu biaya pengendalian dan biaya kegagalan terhadap penjualan. Sampel penelitian yaitu data perusahaan selama 2 tahun, yaitu tahun 1999-2000.Perhatinan manajemen perusahaan terhadap penanganan kualitas besrta pencatatan/ pendokumentasian mengenai kualitas cukup tinggi. Peningkatan kualitas melibatka peran serat aktif seluruh karyawan dalam mengelola kegiatan operasional di perusahaan.Hasil analisi data biaya kualitas menunjukkan terjadi peningkatan jumlah selama 2 tahun pada keempat jenis kategori biaya kualitas. Dari analisis program peningkatan kualitas yang didasarkan % biaya kualitas terhadap penjualan, menunjukkan adanya penurunan % biaya kualitas selama 2 tahun. Peningkatan biaya pengendalain (terdiri dari biaya pencegahan dan penilaian) dapat mengurangi % biaya kegagalan (terdiri dari kegagalan internal dan eksternal). Namun dalam hal ini perusahaan perlu meningkatkan aktivitas pencegahannya sehingga perusahaan dapat mengurangi biaya yang tidak memberikan nilai tambah dan manfaat sesuai dengan landasan dan penekanan utama TQM yaitu membangun kualitas dengan cara pencegahan daripada untuk memeriksa dan melakukan perbaikan.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Accounting > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item