Pengaruh Gaya Pelaksanaan Pesan teh Sari Wangi melalui Media TV Pada Pembelian Teh Masyarakat di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowok Waru Kota Malang

Fitriana, Nina (2002) Pengaruh Gaya Pelaksanaan Pesan teh Sari Wangi melalui Media TV Pada Pembelian Teh Masyarakat di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowok Waru Kota Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini mengambil judul Pengaruh Gaya Pelaksanaan Pesan teh Sari Wangi melalui Media TV Pada Pembelian Teh Masyarakat di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowok Waru Kota Malang, merupakan penelitian lapangan (field reseach) pada penduduk di wilayah kelurahan Sumbersari.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel gaya pelaksanaan pesan di TV yang terdiri dari potongan kehidupan, gaya hidup, fantasi, suasana/citra, musik, simbol kepribadian, bukti ilmiah dan bukti kesaksian terhadap keputusan pembelian teh masyarakat dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian teh masyarakat di kelurahan Sumbersari kecamatan Lowok Waru kota Malang.Pada penelitian ini, ada dua hipotesis yang diambil. Hipotesis yang pertama bahwa variabel gaya pelaksanaan pesan yang terdiri dari potongan kehidupan, gaya hidup, fantasi, suasana/citra, musikal, simbol kepribadian, bukti ilmiah dan bukti kesaksian berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dan hipotesis ke dua bahwa variabel suasana/citra yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk teh Sari Wangi.Dari hasil analisis dengan menggunakan analisis logistik regression, diperoleh hasil keputusan konsumen (masyarakat) dalam membeli teh celup Sari Wangi sebesar 51,25% dan keputusan membeli teh celup merek lain sebesar48,75% yang menunjukkan bahwa variabel bebas yakni potongan kehidupan, gaya hidup, fantasi, suasana/citra, musik, simbol kepribadian, bukti ilmiah, dan bukti kesaksian secara simultan mempengaruhi variabel terikat yaitu keputusan konsumen (masyarakat) dalam pembelian teh celup Sari Wangi sebesar 51,25%.Dengan demikian, hipotesa adanya pengaruh yang signifikan dari variabel bebas terhadap variabel terikat diterima dengan membandingkan nilai statistik wald secara parsial sebesar 4,587 untuk potongan kehidupan, 3,907 untuk gaya hidup, 4,260 untuk fantasi, 8,634 untuk suasana/citra, 5,948 untuk variabel musikal, 5,639 untuk simbol kepribadian, 5,935 untuk bukti ilmiah dan 5,948 untuk bukti kesaksian adalah lebih besar dari nilai chi sguare sebesar 3,84. Bahwa variabel bebas yang dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk teh Sari Wangi adalah variabel suasana/citra sebesar 8,634 dari hasil uji kontribusi masing-masing variabel dengan menggunakan koefisien korelasi parsial (R).Berdasarkan kesimpulan diatas, maka dapat disarankan bagi perusahaan agar memperhatikan media iklan yang digunakan sehingga konsumen dapat menangkap dengan jelas iklan yang ditawarkan. Memperhatikan suasana/citra dari iklan dan produk yang di tawarkan sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang di iklankan, dan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti pada daerah yang bukan merupakan kawasan kampus atau mahasiswa agar diketahui apakah iklan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelain mereka.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item