ANALISIS KESADARAN MEREK SHAMPOO SUNSILK (STUDI PADA MAHASISWA DI KELURAHAN SUMBERSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTAMADYA MALANG)

Sulistiyorini, (2002) ANALISIS KESADARAN MEREK SHAMPOO SUNSILK (STUDI PADA MAHASISWA DI KELURAHAN SUMBERSARI KECAMATAN LOWOKWARU KOTAMADYA MALANG).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini berjudul” Analisis Kesadaran Merek Shampoo Sunsilk (Studi Pada Mahasiswa di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Malang) yang berbentuk survey, yaitu jenis penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi sebagai pengumpul data yang pokok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel pesan yang berbeda dan dikenang, slogan, simbol, publisitas, sponsor kegiatan, dan tanda-tanda mendorong terbentuknya kesadaran merek Sunsilk dan pada tingkat manakah tingkat kesadaran merek mahasiswa di Kelurahan Sumbersari terhadap Shampoo Sunsilk. Dalam penelitian ini diduga bahwa variabel pesan yang berbeda dan dikenang, slogan, simbol, publisitas, sponsor kegiatan, dan tanda-tanda mendorong terbentuknya tingkat kesadaran merek Shampoo Sunsilk dan tingkat kesadaran merek mahasiswa terhadap Sunsilk berada pada tingkat Top of Mind. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui pada tingkat manakah tingkat kesadaran merek Sunsilk. Sedangkan analisis faktor digunakan untuk mengetahui apakah variabel pesan yang berbeda dan dikenang, slogan, simbol, publisitas, spoonsor kegiatan, dan tanda-tanda mendorong terbentuknya kesadaran merek Sunsilk. Melalui analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa merek shampoo yang diketahui responden adalah Sunsilk sebesar 59,57%, Clear 10,64%, Head & Shoulder 8,51%, Botanical 6,38%, Emeron 6,38%, Pantene 4,26% dan Lifebuoy 4,26%. Shampoo yang dipakai responden adalah Sunsilk 63,38%, Clear 12,77%, Head & Shouder 12,77%, dan Botanical 10,64%. Dan melalui analisis faktor dari keenam variabel tereduksi menjadi tiga faktor, yaitu Faktor Inti Pertama atau Faktor Promosi yang tediri dari variabel publisitas dan variabel sponsor kegiatan dengan nilai eigen sebesar 1,869 dan varian yang dapat dijelaskan 31,147%, Faktor inti kedua atau Faktor Merek yang terdiri dari variabel slogan dan simbol dengan nilai eigen sebesar 1,531 dan varian yang dapat dijelaskan 25,514%, dan Faktor Ketiga atau Faktor Produk yang terdiri dari pesan yang berbeda dan dikenang dan tanda-tanda dengan nilai eigen sebesar 1,524 dan varian yang dapat dijelaskan 25,406%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan pertama, bahwa tingkat kesadaran merek Sunsilk mahasiswa di Kelurahan Sumbersari berada pada tingkat Top of Mind, yaitu sebesar 59,57% sebanyak 28 responden mengetahui/mengingat Sunsilk sebagai merek yang pertama kali disebutkan ketika responden diingatkan pada kategori produk shampoo. Kedua, kesadaran merek Sunsilk terbentuk karena tiga faktor, yaitu faktor promosi, faktor merek, dan faktor produk yang ketiganya mempunyai nilai eigen > 1 dan nilai kumulatif variannya sebesar 82,067%. Berdasarkan hasil tersebut hendaknya perusahaan melakukan peremajaan melalui inovasi produk dan promosi sesuai dengan trend yang berlaku dalam rangka menciptakan, memelihara dan meningkatkan kesadaran merek agar Sunsilk senantiasa terpatri di benak konsumen.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Even Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item