KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI PETANI APEL (Studi Pada Petani Apel di Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang)

Arifin, Zainal and Se, (1999) KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI PETANI APEL (Studi Pada Petani Apel di Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini berusaha mendiskriptifkan peranan petani apel di Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang dalam mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga dan peranannya dalam kegiatan sosial di masyarakat. Untuk itu tim peneliti berusaha menjawab tujuan penelitian, meliputi;1. Untuk mengetahui karakteristik sosial petani apel terhadap kegiatan kelompok tani yaitu melalui kegiatan pada "paguyupan kelompok petani apel", berdasarkan keaktifan hadir; dan status sosial pada jenjang pendidikan petani apel.2. Untuk mengetahui karakteristik ekonomi petani apel terhadap kebutuhan konsumsi keluarga; besar pendapatan petani berdasarkan luas lahan, banyak pohon dan harga apel.Metodologi yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara "purposive random sampling" sebanyak 50 orang petani. Dengan alat uji analisa secara tabulasi dan prosentase. Selanjutnya dari hasil tabulasi akan diintepretasikan. Selanjutnya berdasarkan hasil analisa dan intepretasi data didapat kesimpulan sebagai berikut :Berdasarkan status soail yang ditinjau dari pendidikan maka 44% responden masih berpendidikan rendah yaitu SMP ke bawah. Selanjutnya pada keaktifan petani pada keikutsertaan di paguyupan petani, ternyata petani apel yang paling sering diikuti adalah pada saat lomba yaitu 70 % responden. Selanjutnya untuk tujuan ke dua yaitu mengenai karakteristik ekonomi petani apel ditinjau pola konsumsi terhadap jenis konsumsinya, ternyata dari hasil wawancara mendalam sangat dipengaruhi oleh pola hidup rumah tangga petani dan besar beban tanggungan rumah tangga. Sedangkan untuk besar pendapatan, ternyata bukan hanya hasil sekali panen yang mempengaruhi, tetapi juga harga apel berdasarkan kualitas.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Misc
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item