Pengungkapan Diri Remaja Wanita Non Virgin (Perawan) (Studi Deskriptif Tentang Pengungkapan Diri Remaja Wanita Non Virgin Di Kota Bandung Mengenai Makna Virginitas "Keperawanan")

Loria Lenda, Mona (2013) Pengungkapan Diri Remaja Wanita Non Virgin (Perawan) (Studi Deskriptif Tentang Pengungkapan Diri Remaja Wanita Non Virgin Di Kota Bandung Mengenai Makna Virginitas "Keperawanan"). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengungkapan Diri Remaja Wanita Non Virgin di Kota Bandung. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisis dari segi Motivasi pengungkapan diri, kesesuaian dari pengungkapan diri serta timbal balik yang diterima oleh remaja setelah melakukan pengungkapan diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan yaitu Deskriptif, dengan informan yang berjumlah tujuh orang terdiri dari 4 orang informan utama, dan tiga orang informan kunci. Data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, studi Literatur, penelusuran internet, dan juga triangulasi dengan cara mebandingkan jawaban informan utama dan pendukung. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Remaja wanita Non Virgin melakukan pengungkapan diri dengan berpedoman pada tiga hal. Pertama yang menjadi motivasi bagi Remaja Wanita Non Virgin mengungkapkan diri adalah adanya dorongan dari dalam dan dari luar. Kedua kesesuaian berkenaan dengan apa yang menjadi patokan ia mengungkapkan diri, yaitu lingkungan yang nyaman dan situasi serta kondisi yang mendukung. Ketiga timbal balik berkenaan dengan respon positif yang tergambar dari penerimaan lawan bicara terhadap pengungkapan diri yang dilakukan oleh Remaja Wanita Non Virgin. Peneliti mengambil kesimpulan bahwa motivasi, kesesuaian serta timbal balik menjadi tolak ukur seorang remaja wanita non virgin mengungkapkan diri. Pengungkapan Diri yang dilakukan Remaja Wanita Non Virgin dikota Bandung, tidak sepenuhnya dilandasi oleh kejujuran dan keterbukaan dalam penyampaian informasi kepada lawan bicara, karena masih ada beberapa hal yang ditutupi karena berbagai faktor. Saran dari penelitian ini yaitu meskipun pengungkapan diri mengandung resiko bagi si pengungkap (Remaja Wanita Non Virgin) akan tetapi pengungkapan diri sangatlah penting, karena individu yang mampu mengungkapkan diri secara tepat terbukti lebih mampu menyesuaikan diri (adaptive), lebih percaya pada diri sendiri, lebih kompeten, extrovert, dapat diandalkan, lebih mampu bersikap positif dan percaya terhadap orang lain, lebih obyektif dan terbuka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan diri, remaja perempuan, Keperawanan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item