Studi Korelasi Harga Diri Akademik dengan Frustrasi Siswa Kelas Unggulan SMUN 3 Malang

Setiyo Astutik, Farida (2002) Studi Korelasi Harga Diri Akademik dengan Frustrasi Siswa Kelas Unggulan SMUN 3 Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kelas unggulan merupakan kelas khusus bagi siswa yang mempunyai prestasi akademik yang tinggi. Masuknya siswa pada kelas unggulan membuat siswa mempunyai label sebagai siswa yang berprestasi tinggi berkenaan dengan harga diri akademik siswa kelas unggulan. Disisi lain, apakah siswa kelas unggulan tetap mempunyai harga diri yang tinggi pula ketika berhadapan dengan teman sekelas yang mempunyai kemampuan yang sama dengan prestasi akademik yang tinggi pula. Ketatnya persaingan di kelas unggulan membuat siswa sering mengalami konflik, tekanan, suasana kelas yang individualis membuat siswa cenderung mengalami frustrasi. Harga diri akademik adalah penilaian individu tentang apa yang dipikirkan dan dirasakan sendiri mengenai kemampuannya pada beragam pelajaran di sekolah. Frustrasi adalah suatu keadaan yang dialami siswa ketika mengalami hambatan dalam terlaksananya keinginan atau motif.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional dengan menggunakan variabel bebas : harga diri akademik dan variabel terikat : pengalaman frustrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) sebaran harga diri akademik dan pengalaman frustrasi siswa kelas unggulan. (2) hubungan harga diri akademik dengan pengalaman frustrasi siswa kelas unggulan. Subyek yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 45 orang. Adapun tehnik sampling yang digunakan adalah total sampling sehingga setipa anggota kelas unggulan secara otomatis akan menjadi sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, yang terdiri dari angket harga diri akademik dan pengalaman frustrasi. Analisis data yang digunakan adalah product moment. Dari hasil penelitian diperoleh jawaban (1) sebaran harga diri akademik siswa kelas unggulan sebanyak 74% menjawab pada kriteria sedang. (2) sebaran pengalaman frustrasi siswa kelas unggulan terbanyak pada kriteria sedang sebanyak 73% subyek. (3) hubungan antara harga diri akademik dengan pengalaman frustrasi siswa kelas unggulan didapat, rxy = -0,753; p = 0,000 yang berarti ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara harga diri akademik dengan pengalaman frustrasi siswa kelas unggulan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi harga diri akademik yang dimiliki siswa maka semakin rendah pengalaman frustrasi. Begitu sebaliknya, jika harga diri akademik rendah maka pengalaman frustrasi tinggi.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Psychology > 2002 > Event Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item