PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE

Masrofatin, Dewi (2002) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Semakin konvergennya perkembangan teknologi informasi, telekomunikasi dan komputer dewasa ini telah mengakibatkan semakin beragam pula aneka jasa-jasa (feactures) fasilitas komunikasi yang ada serta semakin canggihnya produk-produk teknologi informasi yang mampu mengintregasikan semua media informasi.Salah satu perkembangan teknologi informasi, telekomunikasi dan komputer adalah lahirnya model transaksi yang tidak perlu bertemu secara langsung atau face to face. Transaksi cukup dilakukan dengan menggunakan media elektronik yaitu media internet. Transaksi ini dikenal dengan nama elektronik commerce atau e-commerce.Meskipun perkembangan teknologi inforamsi telah membantu meningkatkan volume perdagangan disatu sisi., tetapi juga memberikan dampak negatif disisi lain. Dampak negatif yang terjadi berupa kerugian yang dialami oleh konsumen. Kerugian yang dialami oleh konsumen secara garis besar dapat dibagi menjadi dua. Pertama kerugian yang diakibatkan oleh perilaku atau kecurangan pelaku usaha yang memang secara tidak bertanggungjawab merugikan. Dan kerugian yang kedua adalah kerugian konsumen yang terjdi karena tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh pihak ketiga.Keadan diatas jelas merugikan konsumen, padahal sebagai konsumen ia berhak untuk mendapatkan perlindungan hukum. Akan tetapi sampai saat ini belum ada suatu bentuk peraturan perundang-undangan yang secara khusus mengatur tentang bisnis e-commerce. Padahal bisnis e-commece sudah semakin marak dan transaksi e-commerce ini mapu menembus batas teritorial dan yuridiksi suatu negara.Dalam Tugas Akhir ini, penulis mengangkat dua permasalahan. Permasalahan pertama adalah siapa yang harus bertanggungjawab secara perdata atas kerugian yang dialami konsumen. Permasalahan kedua adalah mengenai bagaimana cara konsumen menuntut ganti rugi atas kerugian yang diderita.Penulisan tugas Akhir ini menggunakan sumber data utama berupa data sekunder yaitu dari internet, kepustakaan, serta peraturan perundang-undangan.Berdasar analisa penulis atas kerugian yang dialami atau diderita oleh konsumen, dengan diterapkannya asas pertanggungan jawab produk (produk liability) pasal 19 juncto pasal 28 UUPK nomor 8 tahun 1999 adalah pelaku usaha serta berdasarkan ketentuan dalam KUH Perdata pasal 1234 dan Undang-undang Telekomunikasi nomor 36 tahun 1999 pasal 15 ayat 2. Sedang untuk kerugian konsumen yang terjadi karena tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh pihak ketiga membebankan tanggung jawab kepada pihak ketiga berdasarkan pasal 1365 KUHPerdata.tentang onrechtmatigedaad atau perbuatan melawan hukum.Sementara upaya konsumen untuk menuntut ganti rugi dapat dilakukan melalui bebarapa cara:1. Gugatan pengadilan;2. Menyerahkan kepada badan penyelesaian sengketa konsumen(BPSK) Mengenai persoalan bilamana konsumen membeli suatu produk langsung dari luar negeri tanpa perantara impotir siapa yang harus bertanggungjawab atas kerugian yang dialami konsumen dan bagaimana cara konsumen menuntut ganti rugi. Hal ini memang belum diantisipasi oleh undang-undang pelindungan konsumen, namun menurut hemat penulis persoalan tersebut akan dapat diselesaikan bila kedua negara mengadakan perjanjian bilateral, mengenai yuridiksi dan pilihan hukum atau negara-negara didunia melakukan harmonisasi atau unifikasi hukum internet yang diberlakukan bagi transaksi di dunia maya dengan membuat konvesi internasional sehingga tidak perlu lagi timbul keraguan mengenai hukum negara mana yang diberlakukan dan dipengadilan negara mana gugatan tersebut diajukan apabila timbul sengketa diantara para pihak. Dan yang paling penting adalah adanya etika dan moral dari pemakai bisnis tersebut.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Law > Th. 2002 > Odd Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item