Analisis Segmentasi Pasar Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang

Sucahyo, Yoga (2002) Analisis Segmentasi Pasar Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi pasar Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2000 / 2001 dan 2001 / 2002.Alat analisa yang digunakan untuk menganalisis segmentasi pasar ini adalah dengan menggunakan alat analisis cluster dan untuk mempercepat serta untuk mendapatkan tingkat akurasi perhitungan yang maksimal, maka digunakan alat bantu program komputer SPSS. Segmen pasar Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang dapat dilihat melelui variabel demografi dengan indikator usia, pekerjaan, pendapatan perbulan dan pendidikan strata satu (SI) yang dimiliki oleh responden atau mahasiswa pasca sarjana. Variabel Geografis dengan menggunakan indikator Propinsi Jawa timur dan luar Propinsi Jawa Timur. Variabel psikografi menggunakan indikator kelas social, gaya hidup dan kepribadian. Sedangkan variabel perilaku menggunakan indicator peristiwa, manfaat dan sikap.Dari data yang didapat diketahui karakteristik responden dilihat dari segi usia adalah sebesar 45,9 % berusia 24-30 tahun, 73 % atau 54 responden laki-laki dan 27% perempuan dan 97,3 % atau 72 responden tinggal dalam wilayah Jawa Timur. Sedangkan pekerjaan sebagian besar adalah PNS dan Wiraswasta, 33 responden atau 44,6 % berpenghasilan perbulan Rp 2.000.000 atau lebih. Dan karakteristik dari segi kesarjanaan strata satu yang dimiliki, sebagian besar adalah Sarjana Ekonomi.Hasil penelitian dengan menggunakan analisis cluster dan dengan alat bantu komputer program SPSS, terdapat empat (4) segmen atau kelompok. Segmen 1 sebesar 58 responden atau 78,4 %, segmen 2 sebesar 4 responden atau 5,5 %, segmen 3 dengan 11responden atau 14,8 % dan segmen 4 dengan seorang responden atau 1,4%.Dari keempat segmen tersebut dapat diketahui bahwa segmen 1 dengan 58 responden atau 78,4 % adalah segmen yang paling dominan dari segmen-segmen yang ada. Segmen 4 ini memiliki ciri atau karakteristik laki-laki berusia 24–37 tahun yang memilki pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil dan Dosen, merupakan pekerjaan yang memerlukan dasar pendidikan strata satu. Penghasilan perbulan Rp. 2.000.000 atau lebih dan memiliki kendaraan pribadi. Segmen 4 ini merupakan kelompok masyarakat yang tinggal di Propinsi Jawa Timur.Berdasar kesimpulan diatas penulis dapat menyarankan, sebaiknya Program Pasca Sarjana universitas Muhammadiyah Malang mentarget pasar seperti yang dihasilkan dalam segmentasi pasar dan mengidentifikasi konsep positioning yang memungkinkan bagi segmen sasaran .

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Odd Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item