ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK DI MATAHARI DEPARTEMEN STORE SAMARINDA

Ferdian P, Adi (2002) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK DI MATAHARI DEPARTEMEN STORE SAMARINDA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey, yang dilakukan di Matahari Departemen Store Samarinda, dengan judul : “ Analisis Faktor Mutu Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Membeli Produk di Matahari Departemen Store Samarinda”. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui apakah faktor mutu pelayanan (bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam membeli produk di Matahari Departemen Store Samarinda dan untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan dalam membeli produk di Matahari Departemen Store Samarinda. Dalam penelitian ini diajukan dua hipotesis yaitu : diduga ada pengaruh faktor mutu pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membeli produk di Matahari Departemen Store Samarinda. Dan hipotesis kedua yaitu diduga variabel kehandalan merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan dalam membeli produk di Matahari Departemen Store Samarinda. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dua atau lebih variabel bebas terhadap satu variabel bebas adalah analisi regresi berganda. Sedangkan untuk menguji hipotesis, yang digunakan adalah uji f secara simultan dan uji t secara parsial. Hasil penelitian didapatkan bahwa besarnya pengaruh faktor mutu pelayanan (bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian) terhadap kepuasan pelanggan dalam membeli produk di Matahari Departemen Store Samarinda adalah sebesar 73,5%. Ini di tunjukan dengan besarnya koefisien determinasi (R2) = 0,735.Dan dari koefisien regresi didapatkan bahwa variabel kehandalan berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan. Ini dapat dilihat dari besarnya koefisien regresi X2 sebesar 0,530 > Koefisien regresi X1 sebesar 0,351 > X5 sebesar 0,346 > X4 sebesar 0,146 > X3 sebesar 0,109. Sedangakan uji hipotesis yang digunakan yaitu dengan uji f secara simultan dan uji t secara parsial terbukti bahwa ada pengaruh variabel X1 (bukti langsung X2 (kehandalan) X3 (daya tanggap) X4 (jamianan) dan Variabel X5 (perhatian) terhadap kepuasan pelanggan dalam membeli produk di Matahari Departemen Store Samarinda, ini ditunjukkan dengan besarnya f hitung > Ftabel dan besarnya t hitung > t tabel. Dari hasil penelitian diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh faktor mutu pelayanan yang terdiri dari bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian dengan kepuasan pelanggan dalam membeli produk di Matahari Departemen Store Samarinda. Dan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel X2 (kehandalan) Implikasi yang dapat ditarik dari kesimpulan di atas adalah pihak Matahari Departemen Store Samarinda harus lebih memperhatikan kelima variabel yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dan perusahaan juga harus lebih meningkatkan kinerja dari kehandalan itu sendiri karena kehandalan merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan, tanpa mengenyampingkan variabel yang lainnya.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Management > 2002 > Odd Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item View Item