KESIAPAN MENGAJAR CALON GURU SMTP DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN KAITANNYA DENGAN PROSES BELAJAR MENGAJAR

Wihardit, Kuswaya (1990) KESIAPAN MENGAJAR CALON GURU SMTP DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN KAITANNYA DENGAN PROSES BELAJAR MENGAJAR.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Laporan ini disusun berdasarkan data yang sudah tersedia, yaitu data studi Pembiayaan, Manfaat dan Dampak Belajar (PMDB), yang belum sempat diolah oleh Tim studi tersebut. Data yang diolah berupa Satuan Pelajaran yang dikumpulkan dari mahasiswa D2 IKIP, FKIP, dan UT serta mahasiswa PGSMTP yang mengajar dalam kelas micro-teaching. Disamping Satuan Pelajaran sebagai data (sumber data), juga digunakan data lain berupa hasil observasi dalam kelas micro-teaching. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan cara membandingkan satuan pelajaran yang dibuat mahasiswa diantara ke 4 LPTK tersebut baik IKIP, FKIP, PGSMTP dan UT, serta kaitannya dengan proses belajar mengajar (PBM). Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas yang berarti di antara satuan pelajaran yang disusun oleh mahasiswa dari ke 4 LPTK tersebut. Namun dalam proses belajar mengajar nampak mahasiswa yang sudah memperoleh pengalaman mengajar yang lebih banyak (PGSMTP dan UT) cenderung lebih baik jika dibandingkan dengan mahasiswa dari IKIP dan FKIP. Kesimpulan akhir menunjukan bahwa proses belajar mengajar yang baik, banyak ditentukan oleh pengalaman mengajar, dan pengalaman mengajar bisa lebih baik apabila dipersiapkan secara matang, dan kesiapan mengajar ini dapat tercermin melalui Satuan Pelajaran.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JKPTUTPP > Research Report > Research Report
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4317

Actions (login required)

View Item View Item