AL-GHAZALI DAN PEMIKIRANNYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN(Studi Filosofis tentang Anak Didik Menurut Al-Ghazali

Zaini, (2002) AL-GHAZALI DAN PEMIKIRANNYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN(Studi Filosofis tentang Anak Didik Menurut Al-Ghazali.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Anak didik merupakan salah satu dari unsur pendidikan yang harus diperhatikan dan dibimbing oleh pendidik bersama-sama dengan orang tua, karena anak didik merupakan generasi penerus bagi bangsa, agama maupun keturunan, atau persiapan generasi untuk masa mendatang, karena masa kini diciptakan oleh masa lalu. Sehingga mereka sangat memerlukan perhatian yang serius dari segi pendidikan khususnya pendidikan Islam dalam rangka membangun manusia seutuhnya. Masalah anak didik ini merupakan obyek yang terpenting dari paedagogiek. Begitu pentingnya faktor anak didik di dalam pendidikan, sehingga ada aliran pendidikan yang menempatkan anak sebagai pusat segala usaha pendidikan (Child Centered). Oleh karena itu, agar dalam pemahaman serta dalam bimbingan kepada anak didik tersebut tidak bertentangan dengan kodratnya. Maka pendidik perlu memahami sifat-sifat anak didik maupun segala sesuatu tentang anak didik, baik anak didik di rumah, di sekolah maupun di perkumpulannya. Namun demikian, dewasa ini banyak para pakar pendidikan dalam mendefinisikan anak didik ini beragam. Sehingga dalam memahami serta memperlakukan anak didik itu keliru, maka akan menyebabkan kerusakan pada diri anak didik itu sendiri. Hal ini akan jauh dari tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Karena, yang diinginkan pendidikan Islam adalah pendidikan yang mampu membentuk manusia yang unggul secara intelektual, kaya dalam amal, serta anggun dalam moral dan kebijakan. Dan tujuan anak didik sebagai individu adalah mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.Menurut al-Ghazali dalam karya-karyanya banyak memberikan pemikiran-pemikiran tentang anak didik (penuntut ilmu) bagaimana orang yang sedang menuntut ilmu, bertindak maupun berpikir dalam mencapai keberhasilan mencari ilmu yakni kebahagiaan yang abadi, serta keberadaannya dalam proses belajar mengajar. Dan bagaimana setelah ilmu itu didapatkan. Namun banyak di antara orang-orang pengikutnya salah dalam memahami pemikiran-pemikirannya. Sehingga hal ini sangatlah penting dalam penulisan skripsi ini sebagai suatu kajian. Sedangkan tujuan yang ingin penulis dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut:Mengetahui apa hakekatnya anak didik menurut Al-Ghazali.Mengetahui bagaimana posisi anak didik dalam kegiatan belajar mengajar .menurut Al-Ghazali.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang merupakan deskripsi dari pemikiran pendidikan al-Ghazali. Dan pengumpulan data-datanya dengan menggunakan penelusuran. Sedangkan sumber data yang penulis peroleh dari dua sumber yaitu; sumber primer dan sumber skunder. Sumber primer penulis peroleh dari kitab-kitab (buku-buku) pendidikan karangan al-Ghazali maupun karangan orang lain yang menulis tentang al-Ghazali beserta pemikirannya. Dan untuk sumber skunder, penulis peroleh dari artikel-artikel, buku-buku maupun jurnal-jurnal yang relevan dengan penelitian ini.Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa, hakekat anak didik menurut al-Ghazali merupakan anak yang sedang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan menurut fitrahnya masing-masing. Mereka memerlukan bimbingan serta pengarahan dari pendidik secara konsisten menuju ke arah titik yang optimal berdasarkan kemampuan fitrahnya. Karena kemampuan anak didik sangat ditentukan dari usia dan perkembangannya.Menurut al-Ghazali pendidikan bukan bertujuan untuk mendapatkan pengakuan, mengejar status dan pangkat, untuk tampil sebagai orang yang berilmu, tenggelam dalam persaingan, perselisihan dan pertengkaran, tenggelam dalam usaha dan pekerjaan-pekerjaan yang menghasilkan, melainkan kemuliaan budi pekerti, ilmu dan amal yang bermanfaat untuk bekal dalam kehidupan, sehingga tercapai kebahagiaan hidup di dunia dan yang lebih utama lagi adalah kebahagiaan hidup di akhirat. ada akhirnya, penulisan skripsi ini diperoleh beberapa temuan penelitian yang disimpulkan dari inti pemikiran pendidikannya al-Ghazali.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > S1-Final Project > Dept. Of Tarbiyah > 2002 > Odd Semester
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4336

Actions (login required)

View Item View Item