Visualisasi Dan Representasi Foto Makanan (Food Photography) Di Media Sosial Instagram (Studi Kasus: Kuliner Bandung)

Rochmawati, Irma (2016) Visualisasi Dan Representasi Foto Makanan (Food Photography) Di Media Sosial Instagram (Studi Kasus: Kuliner Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fotografi makanan atau food photography sekarang ini menjadi populer dalam penyebaran foto online melalui media sosial Instagram. Fenomena memotret dengan mengunakan kamera pada perangkat genggam dan menyebar luaskannya ke media sosial Instagram menghasilkan kualitas visual dan representasi yang berbeda-beda, khususnya terhadap objek foto makanan. Dalam penelitian ini dibahas juga perkembangan foto makanan dari sebelum lahirnya teknologi fotografi (teknik non-foto), perubahan teknologi fotografi dari mekanik ke digital, hingga munculnya teknologi fotografi Instagram dalam memotret makanan dan menyebarluaskannya melalui media sosial.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya perbedaan kualitas visual dan representasi foto makanan yang tersebar di Instagram serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui pengamatan pada foto makanan yang tersebar di Instagram, menganalisa setiap foto makanan yang dikaji dari unsur-unsur visual, apakah mampu merepresentasikan realitas dari makanan itu atau tidak. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas visual dan representasi dari foto makanan yang tersebar di media sosial Instagram dalam kasus Kuliner Bandung. Kualitas visual foto makanan ditentukan oleh kualitas kamera dan teknik fotografi yang dikuasai oleh pelaku (maker). Visual foto tidak dapat sepenuhnya merepresentasikan realitas, karena tidak hanya melibatkan indera penglihatan (visual) tetapi juga melibatkan indera lainnya, seperti auditori. Melalui pemahaman yang baik, diharapkan desainer dan fotografer makanan dapat lebih teliti dalam melahirkan keputusan desain termasuk didalamnya pemilihan unsur visual foto karena telah mengetahui dampak representasi yang dihasilkannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bandung, Foto Makanan, Instagram, Representasi, Visual.
Subjects: S2 Thesis > Magister Desain > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item