Pesan Dalam Iklan Televisi Yang Diperankan Oleh Anak-Anak Ditinjau Dari Bahasa Rupa

Mega Silviana, Linda (2016) Pesan Dalam Iklan Televisi Yang Diperankan Oleh Anak-Anak Ditinjau Dari Bahasa Rupa. Masters thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sebuah iklan memiliki tujuan tersendiri dalam menyampaikan, mengenalkan, dan mempromosikan produk melalui pesan-pesan penjualan, yang ditujukan kepada masyarakat. Pesan iklan yang terdapat dalam iklan disesuaikan dengan segmentasi produk dan target konsumen produk tersebut. Salah satunya adalah iklan produk dewasa, dengan target konsumen dewasa, yang diperankan oleh anak-anak. Penelitian ini mengkaji iklan televisi yang diperankan oleh anak-anak dan mendapatkan pelanggaran terkait aturan periklanan yang disebut dengan EPI (Etika Pariwara Indonesia). Iklan yang diteliti merupakan iklan produk yang ditujukan untuk konsumen/khalayak dewasa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui muatan pesan yang terkandung dalam iklan, khususnya yang diperankan oleh anak-anak. Terdapat tiga iklan yang menjadi bahan penelitian, yaitu iklan Tri Indie+, iklan Wall's Selection, dan iklan margarin Forvita. Metode penelitian adalah kualitatif dengan teori Bahasa Rupa, karena masalah berkaitan dengan interpretasi dan bersifat deskriptif. Bahasa Rupa digunakan pada penelitian untuk mengetahui bagaimana unsur-unsur pesan pada sebuah iklan diungkapkan melalui gambar yang mengandung cerita serta kesesuaiannya dengan narasi.Hasil penelitian disimpulkan bahwa muatan pesan yang terkandung dalam iklan televisi yang diperankan oleh anak-anak, yaitu iklan Tri Indie+, Wall's Selection, dan margarin Forvita adalah lebih menekankan pada penggambaran sifat, karakter, serta cara pandang anak-anak mengenai kehidupan sekitar lingkungannya dalam membawa muatan pesan dari masing-masing produk yang diiklankan. Penggambaran cara pandang iklan dikemas dalam pendekatan dan gaya iklan yang mengandung unsur kritik dan komedi. Hal tersebut diperkuat dari Isi Wimba yang menggambarkan stereotip anak-anak berdasarkan atribut yang digunakan, penggambaran lingkungan yang dekat dan sesuai dengan karakter anak, serta narasi dalam iklan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: iklan televisi, anak-anak, pelanggaran, Bahasa Rupa
Subjects: S2 Thesis > Magister Desain > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 10 Dec 2016 04:17
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4350

Actions (login required)

View Item View Item