Visualisasi Iklan Kampanye Peringatan Bahaya Rokok

Purnama, Elah (2016) Visualisasi Iklan Kampanye Peringatan Bahaya Rokok. Masters thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Iklan salah satu bentuk promosi yang memiliki jangkauan yang luas, iklan bertujuan untuk menciptakan merek dan daya tarik yang memikat masyarakat terhadap produk atau lainnya yang dipromosikan. Sedangkan iklan kampanye memiliki tujuan yang berbeda yakni bersifat menggerakan solidaritas masyarakat ketika menghadapi suatu masalah sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus dihadapi, Seperti halnya bahaya rokok yang sedang mengancam banyak orang. Penelitian ini mengkaji beberapa iklan rokok pada media billboard dan iklan kampanye yang dibuat oleh pemerintah, yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari iklan kampanye melawan iklan dari produsen rokok. Metode yang digunakan yakni deskriftif kualitatif karena berhubungan dengan ide, persepsi dan deskriptif. Teori yang digunakan ilmu desain komunikasi visual sebagai media mengolah elemen desain grafis yang terdiri atas gambar, huruf, warna, komposisi, layout, untuk menyampaikan pesan secara visual pada target sasaran yang dituju. Selain itu data ditambahkan dengan observasi lapangan dan wawancara dengan narasumber di Dinas-dinas terkait. Berdasarkan hasil analisis terhadap visualisasi beberapa iklan rokok pada billboard dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan iklan rokok tidak berkaitan langsung dengan produk yang ditawarkan akan tetapi iklan rokok lebih mengarah isi pesan seperti sikap pemberani, maskulin, berjiwa petualang, eksklusif, elegant, santai, cool, dan mempromosikan langsung jenis rokok dan harganya /stranght sell. Supaya masyarakat tidak semakin banyak merokok dan terkena bahayanya, maka pemerintah melakukan upaya penanggulangan seperti adanya penerapan 5 gambar seram, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker paru-paru, jangan merokok dihadapan anak, merokok dengan gambar tengkorak, iklan kampanye bahaya rokok tidak efektif, karena mengacu pada data nasional bahwa jumlah perokok terus bertambah seluruh Indonesia sekitar 52 juta, kematian yang diakibatkan menghisap rokok, baik merokok aktif atau pasif tahun 2008 sekitar 6 juta jiwa, pungutan cukai terus meningkat dari tahun 2007 sekitar 43,5 triliun menjadi 101,2 triliun tahun 2013. Produksi rokok tahun 2009 sekitar 16,5 miliar batang menjadi 21,0 miliar batang pada 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Rokok, Billboard,Visualisasi.
Subjects: S2 Thesis > Magister Desain > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Pascasarjana > Magister Desain (S2)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 10 Dec 2016 04:20
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item