Implementasi Algoritma MTD (F) Untuk Menentukan Solusi Pad Board Game 2048

Trinenda, Rizqiana (2016) Implementasi Algoritma MTD (F) Untuk Menentukan Solusi Pad Board Game 2048.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permainan 2048 adalah permainan yang diciptakan oleh pengembang web yang berasal dari Italia yaitu Gabriele Cirulli pada bulan Maret 2014. Permainan tersebut cukup mudah dimainkan karena tinggal menggeser ke kiri, kanan, atas atau bawah untuk menggabungkan kotak-kotak bernomor tertentu supaya membentuk hasil akhir 2048. Berbagai algoritma sudah diimplementasikan untuk menyelesaikannya, seperti dengan menggunakan algoritma greedy, backtracking, dan minimax. Dari hasil implementasi tersebut didapatkan bahwa algoritma greedy kurang optimal dalam menyelesaikan permainan 2048 karena dari 11 kali percobaan tidak bisa mendapatkan angka 2048 namun cepat dalam mengambil langkah sedangkan untuk algoritma backtracking dapat menyelesaikan permainan 2048 dalam 1 kali percobaan namun dengan waktu 23 menit 18 detik. Untuk algoritma minimax hasilnya ditentukan dari kedalaman dalam pencarian, semakin dalam mencari semakin besar kemungkinan untuk dapat menyelesaikan permainan 2048 namun membutuhkan waktu yang lebih lama sesuai kedalaman pencariannya. Untuk itu masih diperlukan penelitian terhadap algoritma lainnya untuk menyelesaikan permainan 2048. Algoritma yang diteliti adalah algoritma MTD(f). Berdasarkan dari hasil penelitian, analisis perancangan sistem dan implementasi serta pengujian yang dilakukan dari algoritma MTD(f) untuk menyelesaikan permainan 2048, maka diperoleh kesimpulan bahwa algoritma MTD(f) dapat diterapkan pada permainan 2048 namun untuk mendapatkan tile 2048 agar bisa memenangkan permainan 2048 membutuhkan kedalaman pencarian minimal pencarian level tiga dan membutuhkan waktu sekitar 13 menit 59 detik. Tingkat akurasi pada algoritma MTD(f) pada pencarian dengan kedalaman level nol, satu dan dua adalah 0%, sedangkan pada level tiga adalah 20%, level empat adalah 30% dan level lima adalah 60%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Algoritma, MTD(F), minimax, permainan, 2048, pencarian
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4368

Actions (login required)

View Item View Item