Representasi Hedonisme Dalam Film The Bling Ring (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Hedonisme Dalam Film The Bling Ring Karya Sofia Coppola)

Agung Permana, Setya (2016) Representasi Hedonisme Dalam Film The Bling Ring (Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Hedonisme Dalam Film The Bling Ring Karya Sofia Coppola). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk merepresentasikan makna hedonisme yang terdapat dalam film The Bling Ring, dan menganalisis apa saja makna yang terdapat dalam film The Bling Ring yang berkaitan dengan kelas sosial yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi yang merupakan kode-kode John Fiske.Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan analisi semiotika John Fiske. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh John Fiske tentang ��The Codes of Television��. Teknik ini berguna untuk menunjukan bagaimana representasi hedonisme dalam film The Bling Ring. Objek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat dalam film The Bling Ring dengan membagi kedalam tiga sequence, yaitu sequence prolog, ideological content dan epilog yang mempresentasikan tiga level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Hasil penelitian menunjukan hedonisme pada level realitas dilihat dari kode-kode seperti ekspresi, kostum, cara berbicara, dan perilaku. Level representasi menggambarkan hedonisme dilihat dari kode-kode teknik seperti dialog, latar dan karakter. Pada level ideologi didapat ideologi hedonisme yang merupakan sebuah ideologi dimana menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup, menekankan kepada kesenangan jasmani seperti makan, minum, dan lainnya, selain itu lebih menekankan kepada kesenangan rohani seperti bebas dari rasa takut, bahagia, dan tenang batin. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa hedonisme dilakukan dengan memadukan kode �� kode dalam The Codes of Television John Fiske. Film The Bling Ring menggambarkan fenomena hedonisme dalam kehidupan saat ini. Dimana hedonisme menimbulkan ketertarikan oleh perasaan nikmat, sekaligus secara otomatis condong menghindari perasaan-perasaan tidak enak. Adapun saran dari peneliti diharapkan memberikan pembelajaran mengenai untuk selalu membentengi diri dari hedonisme yang hanya menawarkan kenikmatan sesaat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, John Fiske, The Codes of Television, Hedonisme
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4378

Actions (login required)

View Item View Item