Proses Interaksi Antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Penerapan Penggunaan Bahasa Sunda (Studi Deskriptif Mengenai Interaksi Orang Tua Dengan Anak Dalam Penerapan Penggunaan Bahasa Sunda Pada Keluarga Etnis Jawa Yang Tinggal Di Kota Bandung)

Oktavia, Nuraini (2013) Proses Interaksi Antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Penerapan Penggunaan Bahasa Sunda (Studi Deskriptif Mengenai Interaksi Orang Tua Dengan Anak Dalam Penerapan Penggunaan Bahasa Sunda Pada Keluarga Etnis Jawa Yang Tinggal Di Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses interaksi antara orang tua dengan anak dalam penerapan penggunaan bahasa sunda. Untuk menjawab masalah di atas, peneliti mengangkat subfokus unsur simpati, unsur imitasi, unsur sugesti, dan unsur identifikasi, untuk mengukur fokus penelitian. Pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah para orang tua dan anak dari Etnis Jawa yang yang tinggal di kota Bandung. Dan teknik sampling menggunakan purposive sampling sehingga diambillah informan penelitian yang terdiri dari 9 orang informan, yaitu 3 orang tua dan 3 anak. Informan kunci terdiri dari 3 orang, yaitu tetangga dari informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, studi pustaka, dan pencarian melalui internet. Dan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) unsur simpati, 2) unsur imitasi 3) unsur sugesti, dan 4) unsur identifikasi. Unsur simpati terjadi antara orang tua dan anak karena adanya rasa ketertarikan pada bahasa sunda. Unsur imitasi terajdi saat orang tua dan anak menirukan bahasa sunda yang ada dilingkungannya. Unsur sugesti pada penelitian ini terjadi dari diri sendiri dan juga orang-orang disekitarnya. Unsur identifikasi yaitu penggunaan bahasa sunda sudah dijadikan sebagai bahasa pengantar sehari-hari oleh etnis jawa. Peneliti mengambil kesimpulan bahwa unsur simpati, unsur imitasi, unsur sugesti, dan unsur identifikasi adalah faktor yang menyebabkan orang tua dan anak pada etnis jawa tersebut menerapkan bahasa sunda sebagai bahasa pengantar sehari-hari yang bertujuan untuk memahami pihak lain dan untuk bekerjasama dengannya. Saran Penelitian adalah orang tua dan anak sama-sama belajar menggunakan bahasa sunda dengan benar agar proses interaksi yang dilakukan dapat efektif dan berguna bagi kehidupnya dan lingkunganya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: interaksi antara orang tua dengan anak, penerapan penggunaan bahasa sunda, metode penelitian deskriptif, etnis jawa
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item