Strategi Humas PDAM Tirtawening Kota Bandung Dalam Menanggapi Pengaduan Pelanggan (Studi Deksriptif Mengenai Strategi Humas PDAM Tirtawening Kota Bandung dalam Menanggapi Pengaduan Pelanggan di Media Sosial Twitter)

Winarno, Tejo (2016) Strategi Humas PDAM Tirtawening Kota Bandung Dalam Menanggapi Pengaduan Pelanggan (Studi Deksriptif Mengenai Strategi Humas PDAM Tirtawening Kota Bandung dalam Menanggapi Pengaduan Pelanggan di Media Sosial Twitter).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menguraikan secara mendalam tentang Strategi Humas PDAM Tritawening Kota Bandung dalam Menanggapi Pengaduan Pelanggan. Untuk menjabarkan fokus penelitian, maka peneliti membagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu Identifikasi Sasaran Khalayak, Tujuan, Pesan yang disampaikan dan Evaluasi kegiatan Humas PDAM Tirtawening Kota Bandung dalam menanggapi pengaduan pelanggan. Metode Penelitian ini adalah penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode kualitatif studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang, terdiri dari 2 informan kunci yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, Observasi, Dokumentasi, Internet Searching dan Tinjaun Pustaka. Teknik uji keabsahan data dengan cara triangulasi dan membercheck.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, Identifikasi Sasaran Khalayak Penentuan khalayak dilakukan oleh Humas PDAM, yang menjadi sasaran adalah pelanggan PDAM pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dan menentukan sasaran tersebut adalah Kasubid Humas. Tujuan, tujuan yang ingin di capai adalah untuk memudahkan pelanggan agar pelanggan tidak perlu datang melakukan pengaduan ke kantor PDAM yang menentukan tujuan tersebut adalah Kasubid Humas dengan arahan Kabid Sekertariat. Pesan, yang membuat pesan di media sosial twitter adalah Humas PDAM, yang berisikan berupa himbauan dan informasi yang di berikan secara ringkas, pemilihan sengaja di pilih agar pelanggan mudah mengerti pesan tersebut. Evaluasi, Evaluasi yang dilakukan berisi tentang pengaduan apa saja yang masuk melalui media sosial twitter setelah itu hasil evaluasi berupa tanggapan atas pengaduan di berikan ke bagian terkait, untuk jadi bahan evaluasi berikutnya, setiap sebulan sekali membuat laporan keluhan serta di diskusikan dengan Kabid sekertariat, Kasubid Humas dan anggota Humas. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Strategi yang di lakukan oleh Humas PDAM Tirtawening untuk menanggapi pengaduan pelanggan dengan cara mereduksi pengaduan tersebut dari mulai isi pesan serta evaluasi yang nantinya akan pengaduan pengaduan tersebut di berikan ke bagian terkait, setelah itu humas memberikan solusi kepada pelanggan yang mempunyai masalah dari hasil diskusi dengan bagian yang mengalami aduan dari pelanggan. Saran dari penelitian ini adalah agar PDAM Tirtawening membuat sebuah workshop mengenai bagaimana pentingnya air bagi masyarakat serta lebih cepat dalam menangapi masalah di lapangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas, Identifikasi Sasaran Khalayak, Tujaun, Pesan, Evaluasi, Humas PDAM Tirtawening Kota Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4390

Actions (login required)

View Item View Item