Pembangunan Simulasi Manajemen Waktu Untuk Siswa SMA Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Berbasis Dekstop (Studi Kasus SMA Negeri 1 Bandung)

Musthofa, Syahroni (2016) Pembangunan Simulasi Manajemen Waktu Untuk Siswa SMA Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Berbasis Dekstop (Studi Kasus SMA Negeri 1 Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Manajemen waktu merupakan sebuah proses perencanaan dalam melakukan pengawasan atas jumlah waktu yang digunakan untuk kegiatan tertentu. Siswa SMA idealnya mampu memanajemen waktunya baik dalam berperan aktif dan rajin untuk mengikuti kegiatan akademik hingga menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dengan baik. Namun siswa SMAN 1 Bandung yang mengalami kesulitan dalam mengatur waktunya, terutama bagi anggota OSIS. Hal ini dikarenakan siswa kesulitan dalam mempelajari konsep manajemen waktu, konsep urutan dalam prioritas kegiatan dan sulitnya belajar manajemen waktu di luar pelatihan yang disediakan sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu siswa dalam memahami konsep manajemen waktu, konsep urutan dalam prioritas kegiatan dengan cara yang lebih menyenangkan dan melatih siswa belajar manajemen waktu di luar pelatihan di sekolahan. Pembangunan game harus melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih yaitu metode pengembangan sistem waterfall dan menerapkan metode Getting Thing Done dalam pembangunan game-nya, David adalah karakter utama dari game ini, pemain diharuskan untuk merekrut anggota minimal 3 orang agar sekolah David dapat mengikuti lomba. Pengujian game dilakukan dengan menggunakan metode Black box, kuesioner serta wawancara. Berdasarkan hasil yang didapat dari penelitian yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa game ini dapat membantu siswa dalam melatih konsep manajemen waktu dengan cara yang interaktif, game ini dapat mempermudah siswa dalam mempelajari konsep prioritas kegiatan OSIS maupun kegiatan belajar di sekolah, dan mempermudah siswa dalam mempelajari manajemen waktu diluar pelatihan yang disediakan oleh sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Game Simulasi, SMAN 1 Bandung, Interaktif, Manajemen Waktu
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:39
Last Modified: 16 Nov 2016 07:39
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item